Senin, 05 September 2016

Tim Staf Teritorial Mabes TNI Tinjau Program Operasi Teritorial Di NTT

Pendam IX/Udayana
5 September 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Program Operasi Teritorial yang sudah berlangsung selama satu setengah bulan di wilayah Kodim 1605/Belu Korem 161/Wira Sakti mendapatkan peninjauan dari Tim Staf Teritorial Markas Besar TNI yang dipimpin oleh Paban V Bhakti TNI Staf Ter TNI Kolonel Kav Bambang Supriadi bersama Pabandyaren Staf Ter TNI Letkol (Pelaut) R. Sibarani serta didampingi oleh Kasiter Korem 161/Wira Sakti Letkol Inf Afson Riswandi Sirait, S.E. dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf M. Nanang Nazamudin, S.E., M.M.,  Kamis, (01/09/2016).

Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk mengetahui secara lebih dekat dan langsung tentang pelaksanaan program Opster tersebut, sekaligus untuk mendapatkan masukan dari masyarakat yang wilayahnya menjadi sasaran dari program ini, demikian dikatakan oleh Kolonel Kav Bambang Supriadi saat diwawancarai di lokasi peninjauan di Dusun Baumuti, Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

"Kita ingin melihat progres dari kegiatan ini dan juga ingin tahu ungkapan hati dari masyarakat setempat tentang manfaat program ini yang memang dari awal perencanaan dari Mabes TNI untuk menyasar daerah rawan dan perbatasan", tegasnya.

Dalam peninjauan ini Tim Ster Mabes TNI disambut oleh Camat Raimanuk Gabriel Taek bersama tokoh dan masyarakat Desa Faturika dimana juga dilangsungkan tatap muka bersama warga. Camat Faturika Gabriel Taek menyampaikan terima kasihnya kepada TNI terhadap pelaksanaan program Operasi Teritorial tersebut yang mampu menyentuh apa yang menjadi kebutuhan masyarakat utamanya adanya perbaikan infrastruktur yang dapat membantu pemberdayaan masyarakat dalam bidang perekonomian. "Desa kami sudah dibuka akses jalan sepanjann 3000 Meter dengan lebar 6 Meter menuju batas di Sungai Babulu, ini akan sangat bermanfaat bagi warga kami disini. Program sejenis sudah juga kami terima pada tahun 2015 lalu, jadi kami merasa sangat diperhatikan oleh pemerintah dan juga TNI. Hal senada juga disampaikan oleh Staf Desa Faturika, Marcelinus Saku Bria, yang menjabat Kaur Umum di Kantor Desa setempat yang menyampaikan terima kasihnya atas pelaksanaan program Operasi Teritorial ini, yang menurutnya sangat bermanfaat bagi warga. "Sekarang ini kami sudah dibukakan akses jalan, ke depan kami berharap pemerintah untuk segera meningkatkan dalam wujud pengerasan dengan sirtu, kami juga siap memelihara apa yang sudah diberikan kepada warga desa disini.

Sebagaimana diketahui program Operasi Teritorial Mabes TNI tahun 2016 untuk wilayah Korem 161/Wira Sakti dilaksanakan di wilayah dua Kodim jajaran yaitu Kodim 1604/Kupang dengan sasaran di wilayah Kecamatan Oepoli Kabupaten Kupang serta di Kodim 1605/Belu di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka. Sasaran fisik yang dikerjakan berupa pembukaan jalan desa, perehaban Masjid dan Kapela serta pembangunan jamban bagi warga tidak mampu.

Semua ini dimaksudkan untuk pemberdayaan kehidupan masyarakat utamanya masyarakat di perbatasan yang diharapkan semakin hari akan ada peningkatan taraf hidup melalui penyediaan infrastruksur yang memang dibutuhkan warga. Mengakhiri peninjauan dalam kegiatan Operasi Teritorial di wilayah Kodim 1605/Belu, Tim juga berkesempatan meninjau perehaban Masjid Husnul Khatimah di Kelurahan Manuama, Atambua Selatan yang disambut oleh Imam Masjid setempat H. Uluruddin Abusamah Iho dan pengurus Muhammad Imam, yang juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap program Operasi Teritorial yang dilaksanakan Mabes TNI dalam hal ini oleh Kodim 1605/Belu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar