Selasa, 25 Oktober 2016

Tingkatkan Kemampuan Komandan Dan Staf Melalui Latihan Posko I


Pendam IX/Udayana
25 Oktober 2016

Latihan Posko I Korem 161/Wira Sakti yang mengambil tema “ Korem 161/Wira Sakti  Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayahnya Dalam Rangka Menanggulangi Bencana Alam Di Wilayahnya”, dibuka oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stefanus Tri Mulyono, Selasa (25/10/2016) bertempat di Aula Serbaguna Korem 161/Wira Sakti.

Pada saat membuka kegiatan latihan ini, Kasdam IX/Udayana yang bertindak sebagai Komandan Latihan atau Danlat,  menyampaikan beberapa hal  antara lain, bahwa Latihan Posko I merupakan macam latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk melatihkan unsur Komandan dan Staf dalam prosedur hubungan Komandan dan Staf  untuk proses pengambilan keputusan atau Biltus yang dapat terlaksana dengan baik mulai dari proses perencanaan, persiapan sampai pada pelaksanaan operasinya. Seperti pada saat ini Korem 161/Wira Sakti melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya untuk menanggulangi akibat dari bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami.

Lebih lanjut dikatakan, tema yang diangkat adalah tentang penanggulangan bencana alam maka faktor  koordinasi dan kerjasama antar instansi terkait sangat diperlukan. “Yang pasti Tentara Nasional Indonesia (TNI) punya semangat kegotongroyongan yang tinggi dan siap bersinergi dengan siapapun, tetapi kita butuh sarana dan prasarana untuk mendukung operasi yang kita laksanakan,” Ungkap Kasdam.

Untuk itu koordinasi dan kerjasama antar instansi sangat dibutuhkan, terlebih juga untuk saat sekarang masing-masing instansi atau pemangku kepentingan bila dihadapkan pada kondisi yang nyata untuk menghadapi bencana alam, mereka sudah memiliki kemampuan dan memahami prosedur operasinya atau Standard Operation Procedure (SOP).

Mengakhiri penyampaiannya, Kasdam berharap kepada penyelenggara dan pelaku untuk dapat menempatkan diri dengan baik sehingga mampu untuk menjiwai, memahami dan melaksanakan Latihan Posko I ini dengan baik dan benar serta realistis mendekati kondisi yang sebenarnya.

Pantauan di lapangan menunjukkan rangkaian latihan yang direncanakan berlangsung selam tiga hari dari tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober 2016, mekanisme latihan diawali dengan briefing  pelaku oleh penyelenggara yang dipimpin Wadanlat Kolonel Inf Agus Saipul, Jam Pimpinan oleh Kasdam, Penyampaian Taklimat Awal kepada Danrem 161/Wira Sakti yang didampingi para Kasi Korem serta dilanjutkan dengan dinamika kegiatan sesuai dengan Ramalan Informasi Latihan (RIL) yang disiapkan oleh penyelenggara. (penrem 161)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar