Kamis, 06 Oktober 2016

TNI Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat Mandiri Dan Berkepribadian



Pendam IX/Udayana
6 Oktober 2016

Bertempat di Lapangan Pangkalan TNI AU El Tari Kupang dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Ke 71 tahun 2016 dengan Inspektur Upacara Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., Rabu (05/10/2016) yang dihadiri oleh para undangan baik sipil maupun militer diantaranya Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ketua DPRD Provinsi NTT, Ketua Pengadilan Negeri Kupang, Kajati NTT, Kabinda NTT, Danlanud Eltari Kupang, Yang mewakili Danlantamal VII Kupang, GM Angkasa Pura, Danbrigif 21/Komodo, Kasat Brimobda Polda NTT, Dirut Pemasaran Bank NTT, Kakesbangpol NTT, Kepala SAR Kupang, Para Pamen TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kepolisian, Para Veteran dan anggota FKPPI serta diikuti  850 orang peserta upacara yang terdiri dari personil gabungan diantaranya 3 SSK TNI AD, 2 SSK TNI  AL, 2 SSK TNI AU, 1 SSK Polri dan 1 SSK PNS.

Tema yang diangkat pada peringatan kali ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian”. Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan  berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang bergerak secara dinamis, demikian disampaikan dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M,M., dihadapan para peserta upacara yang mengikuti upacara tersebut dengan khimad dan tertib.

Hal lain yang disampaikan antara lain bahwa pada peringatan Hut  TNI Ke 71 tahun 2016 kali ini memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun Alutsista TNI tetapi upacara dilaksanakan di tingkat daerah secara sederhana. Semoga kegiatan yang dilaksanakan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri.

Dikatakan bahwa pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi Alutsista, pengembangan organisasi. Pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.
Selanjutnya mengenai kesejahteraan prajurit, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dengan bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana dan sehat.

Yang lebih penting lagi dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2017, TNI beserta PNS TNI wajib mengedepankan netralitas TNI dalam setiap tahapan proses Pilkada, selanjutnya setiap prajurit baik perorangan maupun institusi wajib untuk selalu mewaspadai setiap perkembangan situasi di lingkungannya serta melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hierarkis apabila ada indikasi tindakan ketidaknetralan prajurit dan PNS TNI yang berindikasi mengarah kepada menghambat, mengganggu atau menggagalkan Pilkada.

Seusai pelaksanaan upacara serah terima kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba rangkaian Hut TNI tahun ini serta penampilan hiburan yang diisi oleh personel TNI dari ketiga angkatan, seperti penampilan sosiodrama Sobe Sonbae oleh Kodim 1604/Kupang, pembacaan puisi, paduan suara dari PNS Korem 161/Wira Sakti, paduan suara Lanud El Tari Kupang, paduan suara Perempuan TNI Polwan (Wan TNI) Garnisun Kupang serta Tarian Gemu Famire yang menghadirkan personel dari Lantamal VII Kupang yang pada minggu lalu menjuarai lomba tari kreatif dalam rangka Hut TNI ke 71 Tahun ini.Setelah pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan kegiatan Defile oleh seluruh peserta Upacara. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar