Kamis, 01 Desember 2016

Sosialisasi Hiv/Aids Di Kodim 1603/Sikka


Pendam IX/Udayana
Kamis, 1 Desember 2016

Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia untuk mengingatkan kepada kita semua betapa bahaya jenis penyakit ini yang sampai saat ini belum ditemukan obat ataupun vaksinnya. Terkait peringatan hari AIDS sedunia tersebut maka Kodim 1603/Sikka bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka  serta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melaksanakan kegiatan sosialisasi HIV/AIDS dan pembagian vaksin penyakit Kaki Gajah atas kerjasama Kodim 1603/Sikka, Dinas Kesehatan Kab. Sikka dan KPA (Komisi Penanggulangan Aids), Kamis (01/12/2016) bertempat di Aula Makodim setempat
Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Dandim 1603/Sikka Letkol Inf Abdullah Jamali, S.I.P., yang dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan seperti ini bagi kita semua tentang bahaya dari penyakit yang disebut AIDS yang disebabkan virus HIV. Dengan kegiatan ini, Dandim berharap dapat memberikan manfaat dan wawasan terhadap jenis penyakit ini, tidak hanya bagi lingkungan anggota TNI AD Kodim 1603/Sikka, tetapi juga perlu selanjutnya diinformasikan kepada anggota keluarga dan masyarakat sekitar kita.

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadirkan beberapa nara sumber antara lain Kabid P2MK Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Ibu Tally. Pengelola Program HIV/AIDS pada KPA Kabupaten Sikka Ibu Yuyun dan Petugas penanganan penyakit Kaki Gajah Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Erwin. Kabid P2MK Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dalam pemaparannya menjelaskan secara detail tentang  pengertian AIDS, Virus HIV sebagai penyebabnya, proses penularannya sampai bagaimana kiat untuk menghindarkan diri dari penyakit yang menyebabkan penurunan kekebalan tubuh manusia tersebut. Dia berharap dengan berperilaku yang benar dalam pergaulan dan kehidupan sex dengan tetap percaya pada pasangan yang sah maka kita akan terhindar dari ancaman penyakit tersebut. Giliran Ibu Yuyun dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) memberikan pemaparan atau penjelasan tentang cara penggunan alat kontrasepsi.

Pada kesempatan ini juga disampaikan  pernyataan dari  langsung seseorang dengan mengidap HIV/AIDS (ODHA) yang menceritakan tentang bagaimana yang bersangkutan sampai tertular penyakit tersebut. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar