Senin, 16 Januari 2017

Wisata Jurnalistik Jalin Keakraban Dengan Insan Pers



Pendam IX/Udayana
Senin, 16 Januari 2017

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Penerangan Angkatan Darat ke 66 Tahun 2016 yang jatuh pada tanggal 13 Januari 2016 lalu, Penerangan Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan wisata jurnalistik, Minggu (15/01/2017) bertempat di Pantai Oetune, Desa Tuafano, Kecamatan Kualin, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timor.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapenrem 161/Wira Sakti Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia yang dihadiri oleh sejumlah  wartawan baik cetak, elektronik dan online yang bertugas meliput di Makorem 161/Wira Sakti serta anggota Staf Penerangan Korem 161/Wira Sakti dan keluarga.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan rangkaian kegiatan antara lain jalan santai di sepanjang pesisir pantai,  foto bersama, makan siang serta bincang-bincang ringan tentang  Pantai Oetune yang memang masih sangat alami dan berpotensi untuk menjadi obyek wisata favorit bagi  masyarakat umum dan keluarga serta  perbincangan yang sedikit serius tentang banyaknya informasi yang tidak sesuai fakta di media sosial (Medsos) berupa berita bohong atau Hoax.

Kapenrem ketika dikonfirmasi oleh wartawan di sela-sela kegiatan ini, membenarkan terkait maraknya  informasi  Hoax yang terjadi belakangan ini, yaitu informasi yang tidak mengandung kebenaran dan tidak sesuai fakta yang beredar di Medsos yang bila itu dikonsumsi masyarakat umum apa adanya, maka akan menjadi hal negatif dan dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap informasi yang tidak benar dan tidak sesuai fakta tersebut. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berpotensi untuk merusak tatanan sosial, moral serta karakter masyarakat, bangsa dan negara.

Lebih lanjut dikatakan sesuai penekanan dari  Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI MS. Fadhilah dalam sambuatan  hari Jadi Penerangan Angkatan Darat ke 66,  tanggal 13 Januari 2016 lalu, bahwa insan penerangan harus mampu menjadi pelopor ketahanan informasi di tengah situasi darurat  informasi yang melanda  masyarakat, bangsa dan negara. “Kita harus mampu menjadi contoh sekaligus penggerak kesadaran masyarakat untuk menyikapi, mengelola informasi secara benar demi kepentingan yang positif, tegas Jenderal Bintang Satu ini”.

Insan Penerangan  TNI AD harus mendukung semua upaya positif dari masyarakat dalam melawan informasi yang tidak benar seperti deklarasi masyarakat anti Hoax pada 6 dan 8 Januari 2016 lalu. Penerangan harus mampu mewujudkan ketahanan informasi  dan menjaga tetap tegakknya  ketahanan nasional di berbagai bidang kehidupan.

Kapenrem mengajak rekan media untuk juga mendukung komitmen anti Hoax tersebut sehingga melalui media dapat menyajikan informasi dan pemberitaan yang benar sesuai fakta sebagai bagian dari proses pembelajaran dan mencerdaskan wawasan masyarakat.
Disinggung kegiatan wisata jurnalistik kali ini, Kapenrem menjelaskan ini sebagai bagian dalam memperingati Hari Jadi Penerangan Angkatan Darat yang kita kemas dalam kegiatan refreshing yang sedikit bernuansa lain. Kita sengaja  laksanakan kegiatan wisata ini untuk sedikit meluangkan waktu meninggalkan rutinitas  untuk menulis berita, siaran pers, pengambilan gambar dan berbagai kegiatan jurnalistik lainnya. Kita gelar kegiatan ini untuk semakin meningkatkan sinergitas  dan komunikasi antara Penrem 161/Wira Sakti dengan Insan Pers dan media massa.
“Kita bersyukur jalinan keakraban dan kerjasama antara Penerangan Korem 161/Wira Sakti dengan Insan Pers di Kupang dan Nusa Tenggara Timur  selama ini dapat berjalan dengan baik, ke depan kita berharap  hubungan yang sudah baik ini akan semakin harmonis dan dapat saling mendukung tugas masing-masing”, ungkap Kapenrem. . (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar