Selasa, 21 Maret 2017

Lestarikan Seni Budaya Indonesia, Persit KCK PD IX/Udayana Gelar Lomba Seni Tari Daerah Bali

Pendam IX/Udayana
Selasa, 21 Maret 2017

Menjelang Hari Ulang Tahun ke-71 Persit KCK Tahun 2017 yang puncak peringatannya akan diselenggarakan pada tanggal 4 April 2017 bulan depan, Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah IX/Udayana menggelar Lomba Tari Daerah dan beberapa kegiatan lomba antar satuan yang melibatkan anggota Persit, pada Selasa (21/3) bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa kesenian yang ada di Indonesia pada umumnya merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang perlu mendapat apresiasi. Karya seni dan budaya Indonesia adalah kebanggaan bangsa kita yang harus dijaga dan dilestarikan secara bersama-sama, agar kekayaan seni dan budaya tersebut tidak punah, tetap lestari dan  terus berkembang, maka dalam menyikapi hal tersebut, Persit Kartika Chandra Kirana menggelar lomba seni tari Daerah Bali ini.

Tujuan utama penari daerah khususnya tari Bali adalah untuk menarikan tiap tahap gerakan dan rangkaian dengan ekspresi penuh. Kecantikan tari Bali tampak pada gerakan-gerakan yang abstrak dan indah. Tari Bali sebagian besar bermakna religius. Sejak tahun 1950-an, dengan perkembangan pariwisata yang pesat, beberapa tarian telah ditampilkan pada kegiatan-kegiatan di luar keagamaan dengan beberapa modifikasi.

Dalam Kegiatan Lomba Tari Daerah ini, para Ibu-ibu Persit dari masing-masing satuan menampilkan Tari Bali diantaranya yaitu Tari Sekar Jagat dan Puspanjali. Tari Sekar Jagat dan Tari Puspanjali pada prinsipnya merupakan tarian yang biasanya dipergunakan sebagai tari pembukaan dalam suatu acara. Tarian ini merupakan garapan kelompok yang ditarikan sejumlah penari putri. Tarian penyambutan ini menggambarkan kegembiraan para penari dalam menyambut para tamu yang hadir. Kegembiraan ini diungkapkan melalui keindahan gerak. Perbedaannya hanya pada canangsari yang dibawa oleh penari Sekar Jagat.

Tari Sekar Jagat berasal dua suku kata yaitu dari kata “Sekar” berarti bunga yang harum dan “Jagat” adalah dunia, sehingga tari ini bisa berarti pula tarian bunga di taman yang harum di seluruh dunia. Hampir sama dengan Sekar Jagat, Tari Puspanjali juga berasal dari dua kata yakni puspa dan anjali yang masing-masing memiliki arti bunga dan menghormat. Dari nama tersebut tentu akan kita dapati tujuan tarian puspanjali yakni sebagai tarian penghormatan bagi para tamu.

Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Santi Kustanto Widiatmoko dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba ini merupakan nilai yang sangat penting karena selain melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya khususnya di Daerah Bali, juga untuk menggugah semangat putra-putri bangsa terutama generasi muda dalam meningkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme serta mencintai seni budaya khususnya seni tari Daerah Bali. Harapan besar kepada para peserta lomba agar memanfaatkan ruang kreasi ini secara sungguh-sungguh dengan penuh penjiwaan sesuai dengan jenis lomba seni tari yang diikuti dan menampilkan karya seni yang baik, berkualitas sehingga kedepan dapat tampil pada even-even yang lebih besar baik berskala nasional maupun internasional. Dan juga kepada para juri agar melaksanakan tugas secara obyektif,  adil, transparan dan profesional.

Dengan diadakannya kegiatan lomba ini, tentu semua berharap mudah-mudahan kegiatan lomba seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan atau hal serupa. Dengan demikian, khasanah seni dan budaya khususnya seni tari Daerah Bali akan tetap lestari sepanjang jaman.

Adapun peserta Kegiatan Lomba Tari Daerah ini, antara lain: Cabang IV Slogdam Tari Sekar Jagat, Cabang I Sinteldam Tari Puspanjali, Cabang V, VIII,IX Tari Sekar Jagat, Cabang LIV YONIF Raider 900 Tari Sekar Jagat, Cab XLIII Yonif  Mekanis 741/GN Tari Puspanjali, Cab II Sopsdam Tari sekarjagat, Cab II Spersdam Tari Sekarjagat,  Koorcab Rem 163 Tari Puspanjali, Cab VI Srendam Tari Puspanjali, Cab X Rindam Tari Puspanjali, serta Zipur Tari Puspanjali. Dengan dihadiri pembina Persit Aspers Kasdam IX/Udayana, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana, Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana, serta para Dewan Juri. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar