Sabtu, 25 Maret 2017

Umat Hindu Kodim Bangli Ngayah Untuk Sarana Upacara


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 25 Maret 2017

Menjelang kegiatan Piodalan di Pura Ulundanu Batur Kintamani Bangli pada Purnama Kedasa tanggal 11 April 2017 berbagai kegiatan sudah disiapkan untuk perayaan Piodalan. Masyarakat dari berbagai lapisan sudah mulai melaksanakan ngayah dalam penyiapan tersebut. Tidak terkecuali Umat Hindu Kodim 1626/Bangli juga melaksakan kegiatan Karbak/Ngayah, Sabtu (25/3).

Dipimpin Ketua umat Lettu Chb Komang Gita puluhan umat Hindu Kodim 1626/Bangli melaksakan Karya Bhakti/Ngayah dengan kegiatan  membuat sarana upacara piodalan Ngusaba di pura Ulun Danu Batur yaitu dengan membuat  sarana upacara seperti Klakat, Katik sate dan sarana lainnya. Upacara ngusaba yang dilaksanakan setahun sekali yang bertepatan dengan purnama  Kedasa akan dihadiri oleh umat Hindu Se-Bali. Pura Ulun Danu Batur yang merupakan salah satu Pura Sad Khayangan tempat memuja Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manefestasinya sebagai Dewi Danu (Kemakmuran/Kesuburan).

Menurut Ketua Umat Hindu Kodim 1626/Bangli kegiatan karya bhakti/ngayah ini memiliki dua makna penting yaitu dari perspektif darma negara merupakan implementasi dari kegiatan Binter dalam rangka meningkatkan keeratan hubungan dengan masyarakat sehingga tercipta Kemanunggalan TNI rakyat, sedangkan dari perspektif darma Agama yaitu untuk meningkatkan srada bakti kehadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan prajurit. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar