Selasa, 25 April 2017

Bebaskan Desa Dari Kelaparan Dan Kemiskinan Melalui TMMD


Pendam IX/Udayana
Selasa, 25 April 2017

Bebaskan Desa Dari Kelaparan Dan Kemiskinan Melalui TMMD, Senin (24/4) di Dusun Panek Desa Ban Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem.

Budidaya ikan lele cepat panen merupakan pilihan ternak yang banyak dicari oleh para peternak lele budidaya dari ikan lele sebagai ikan air tawar tergolong bisnis yang begitu menjanjikan hal ini dikarenakan setiap Tahun, permintaan pasar terhadap ketersediaan ikan ini semakin meningkat pesat. Biasanya jenis ikan lele untuk dibudidayakan dengan mudah adalah jenis ikan lele Dumbo. Ikan lele ini mempunyai tekstur daging begitu renyah yang banyak digemari oleh setiap pencinta lele.

Tak hanya itu, budi daya ikan lele Dumbo cepat panen ini memang memiliki keuntungan tersendiri dalam hal perawatan yang begitu mudah dan termasuk ikan yang mudah tumbuh besar. Sanggar Kreatif Binaan Kodim 1623/Karangasem lewat pak Anang serta pak Komang turun ke lokasi TMMD ke-98 Dusun Panek Desa Ban dengan mengajak masyarakat Dusun Panek untuk membudidayakan ternak ikan lele.

Mungkin orang tau keadaan geografis Desa Ban dan wilayah Kubu keseluruhan yang sama sekali tidak ada Sungai. Juga ada yang tidak percaya kalau budidaya ternak ikan lele bisa dikembangkan. Dihadapan masyarakat Dusun Panek Pak Anang dan Pak Komang semangat datang ke lokasi TMMD ke-98 dengan mengajak karyawannya serta peralatan ternak ikan lele untuk diperlihatkan kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu Pak Anang menyampaikan walaupin Kec. Kubu yang sebagian besar daerahnya tidak beris air sungainya, namun budidaya ternak ikan lele bisa dibuat dihalaman rumah yaitu dengan menggunakan terpal.

Biasanya kondisi air untuk tempat pemeliharaan jenis ikan lele ini terbilang agak kotor, namun jenis ikan lele yang satu ini mampu berkembangbiak dan bertahan hidup dengan baik. Hal inilah yang membuat budi daya ikan lele cepat panen juga bisa dilakukan melalui kolam terpal. Keuntungan ternak ikan lele melalui kolam terpal ini. Ini dia kelebihannya tidak membutuhkan tempat pemeliharaan berukuran besar sehingga bisa di ternak pada tempat yang sesuai berdasarkan ukuran tempat yang tersedia, seperti misalnya di area pekarangan rumah, Keuntungan budi daya ikan lele di kolam terpal juga membutuhkan biaya yang lebih murah.

Pemeliharaan lele, tidak dipengaruhi oleh kondisi dari keadaan tanah itu sendiri. Hal ini dikarenakan bahkan ada orang yang beternak lele dengan kondisi tanah kotor hingga sudah terkontaminasi bahan kimia. Mudah dalam hal penggantian dan pengeringan air agar tetap bersih. Tergolong lebih fleksibel, sehingga dapat dipindahkan jika dipindahkan mudah untuk mendeteksi adanya hama penyakit, mudah untuk mengamati perkembangan dan perubahan ikan lele. Lebih praktis dan lebih mudah ketika waktu panen.

Harapan dari Pak Anang dengan budidaya ternak ikan Lele ini bisa menambambahan ekonomi keluarga. Tak banyak yang disampaikan oleh Pak Anang namun Pak Anang mengajak masyarakat untuk benar-benar memperhatikan cara kerjanya. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar