Senin, 03 April 2017

Pangdam IX/Udayana: “Tidak Ada Lagi Istilah Titipan, KKN, Dan Perilaku Tidak Terpuji Lainnya..!”



Pendam IX/Udayana
Senin, 3 April 2017

Pimpinan TNI Angkatan Darat terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara memilih calon prajurit secara proporsional dan profesional serta transparan. Menyikapi hal tersebut, maka seluruh pendaftar yang masih tersisa setelah menjalani proses seleksi administrasi dan kesehatan, harus mengikuti acara Sidang Parade.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana, yang menggelar kegiatan Sidang Parade Penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karier TNI Angkatan Darat Gelombang I TA 2017, pada Senin (3/4) pagi hari ini di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan calon prajurit yang berkualitas dan memenuhi semua aspek persyaratan yang diinginkan, apalagi saat ini berlaku proses waktu seleksi yang sangat singkat, sehingga panitia  harus bekerja ekstra dengan menerap-kan sistem gugur. Pemberlakuan waktu yang singkat dan sistem gugur, bertujuan untuk meminimalisir adanya oknum, baik anggota maupun masyarakat umum yang memanfaatkan situasi dan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi seperti praktek percaloan.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., yang bertindak sebagai Ketua Sidang Parade ini menegaskan bahwa obyektivitas harus menjadi acuan utama, sehingga kegiatan Sidang Parade akan menghasilkan keputusan yang adil, jujur, obyektif, transparan dan akuntabel.

Tidak ada lagi istilah titipan, KKN, mafia calo atau Pungli dan perilaku tidak terpuji lainnya. Kita tidak boleh main-main dalam hal ini dan semuanya harus konsisten pada ketentuan dan norma yang berlaku. Kita ciptakan image kepada masyarakat bahwa menjadi prajurit TNI harus sukarela, memenuhi syarat dan tidak ada bayar.” Imbuhnya.

Setelah terpilih dan lolos seleksi parade, seluruh peserta akan dikirim ke lembaga pendidikan Rindam IX/Udayana dalam rangka menjalani tahapan tes selanjutnya yang akan dilakukan oleh Tim Pusat secara lebih ketat dan selektif. Dengan demikian nantinya akan diperoleh calon prajurit terbaik yang memenuhi persyaratan ditinjau dari segi postur, fisik, kesehatan dan mental.

Menyadari pentingnya mendapatkan calon prajurit yang berkualitas, maka Pangdam menekankan kepada Panitia Sidang Parade agar benar-benar menjalankan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada seluruh Panitia Sidang Parade.

Laksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, proporsional, transparan dan obyektif sesuai aturan yang berlaku. Sehingga dapat menghasilkan calon prajurit yang benar-benar sesuai harapan TNI Angkatan Darat.” Harap Pangdam.

Sidang Parade yang diikuti 165 orang calon prajurit ini dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Tim Pengawas Pusat, Irdam IX/Udayana, Danrindam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam serta seluruh panitia Sidang Parade. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar