Kamis, 27 April 2017

Penyuluhan Perdagangan dan Pariwisata Dalam Rangka Kegiatan Non Fisik TMMD


Pendam IX/Udayana
Kamis, 27 April 2017

Penyuluhan Perdagangan dan Pariwisata Dalam Rangka kegiatan Non Fisik di Balai Banjar Dusun Buayang Desa Landih Kec. Bangli Kab. Bangli, Rabu (26/4).

Kegiatan TMMD Ke-98 yang di selenggarakan diwilayah Kodim 1626/Bangli menyelenggarakan dua program yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Bertempat di Balai Banjar Dusun Buayang telah di laksanakan kegiatan penyuluhan perdagangan dan pariwisata yang dihadiri oleh warga Buayang sekitar 60 orang.

Mayor Inf Suka Prajaka sebagai Wadan Satgas TMMD menyampaikan selamat datang kepada tim penyuluh dan warga Buayang atas kehadirannya di posko TMMD, dijelaskan juga bahwa TNI selain melaksanakan operasi prang juga melaksanakan operasi selain perang seperti melaksanakan TMMD, dimana kegiatan TMMD selain melaksanakan kegiatan fisik pembuatan jalan juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan, olah raga, anjangsana dll.

Sedangkan dari dinas pariwisata yang dibawakan oleh Anak Agung Ngurah Suteja membawakan materi Sapta Pesona yang artinya Tujuh Pancaran Jiwa yang meliputi. Aman yaitu keamanan sangat penting untuk daerah pariwisata, karena kalau sudah aman maka pengunjung akan betah dan bisa bertambah banyak otomatis akan memengaruhi perekonomian warga disekitarnya. Tertib yaitu warga harus taat dengan awig-awig Desa serta peraturan pemerintah. Kebersihan yaitu kebersihan selain akan memberikan kesehatan juga akan memberikan daya tarik sendiri pada para pengunjung. Sejuk dalam arti sejuk bukan hanya alamnya saja melainkan hati warga harus sejuk seperti saling menghargai, tolong menolong. Keindahan artinya pelihara dan tanam-tanaman yang bermanfaat seperti bunga karena bunga selain indah juga bisa dipakai untuk sembahyang. Ramah tamah artinya kita harus tetap tersenyum pada para wisatawan. Kenangan artinya usahan memberikan kenangan atau kesan tersendiri terhadap para pengunjung.

Bapak Sukarya selaku tim penyuluh dinas perdagangan Kab. Bangli menyampaikan sangat mendukung kegiatan TMMD pembuatan jalan untuk warga Landih, dimana jalan merupakan sarana transportasi yang sangat penting untuk perkembangan ekonomi masyarakat, oleh karena itu pergunakan dan rawat jalan yang dibuat TNI dengan baik, selain itu juga di Buayang banyak potensi yang harus digali seperti pohon bambu, dari pohon bambu itu bisa dibuat kerajinan dan juga Disprindag siap memberikan pelatihan seperti pelatihan ukir, cetak batako, pertukangan, tapi itu semua gak lepas dari niat dan keinginan untuk maju, karena tanpa niat dan keinginan maka akan sulit untuk berhasil. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar