Sabtu, 06 Mei 2017

Siagakan TNI Untuk Penanggulangan Bencana, Kodim 1609/Buleleng Gelar Gladi Posko

Pendam IX/Udayana
Sabtu, 06 Mei 2017

Kodim 1609/Buleleng Gelar Gladi Posko, Siagakan TNI Untuk Penanggulangan Bencana, Rabu (3/5) di Makodim 1609/Buleleng.

Komando Distrik Melitet Kodim 1609/Buleleng, selama tiga hari menggelar gladi posko yang di pusatkan di Makodim 1609/Buleleng, pada Tahun ini kegiatan gladi posko untuk penanggulangan bencana alam yang Dipimpin langsung Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Inf Slamet Winarto S.E.

Komandan dan staf Kodim 1609/Buleleng melakukan gladi posko dengan mengusung tema Kodim melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadi bencana di wilayah.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Slamet Winarto S.E. disela-sela kegiatan gladi posko mengungkapkan, secara khusus gladi posko di lakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan staf dalam merencanakan oprasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan Komando pengendalian oprasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando.

Kegiatan ini untuk lebih memantapkan system Komando kita terkait dengan siaga bencana yang di awali dengan koordinasi kemudian di terjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka oprasi meliter selain petang untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya. papar Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Slamet Winarto, S.E.

Plaksanaan latihan gladi posko disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan, latihan ini juga di proyeksikan untuk kemampuan satuan sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dengan kondisi buleleng yang rawan terhadap bencana, gladi posko yang kita lakukan tentunya sangat penting untuk diberikan kemampuan mulai dari para komandan kemudian staf yang mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya, ujar Dandim 1609/Buleleng.

Dengan berpedoman pada pengalaman latihan sebelumnya serta berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah di miliki masing-masing personel di jajaran TNI diharapkan pelaksanaan gladi posko mampu memantapkan tugas-tugas yang di dapatkan dengan memiliki kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu juga melibatkan instansi dan OPD, terkait di Pemda Kab Buleleng yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dan juga memberikan dukungan secara penuh dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana alam. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar