Selasa, 11 Juli 2017

Satgas TMMD Kodim 1610/Klungkung Berikan Penyuluhan Bela Negara Kepada Masyarakat

Pendam IX/Udayana
Selasa, 11 Juli 2017

Satgas TMMD Kodim Klungkung Berikan Penyuluhan Bela Negara kepada masyarakat di Desa Besan Kecamatan  Dawan Kabupaten Klungkung.

Satgas TMMD ke-99 melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan Bela Negara dan wawasan kebangsaan oleh Pasiintel Kodim 1610/Klungkung Kapten Inf I Nyoman Tunggu malam. Kegiatan penyuluhan dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama dan generasi muda serta perangkat pemerintah Desa Besan.

Dalam paparannya Kapten Inf Nyoman Tunggu mengatakan tujuan program bela Negara untuk meningkatakan kecintaan masyarakat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dimasa pemerintahan lalu sudah ada dikenal dengan Pembekalan pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang diterapkan di lingkungan pendidikan, pemukiman, lingkungan kerja dan PNS dilingkungan pemerintahan. Dengan adanya Reformasi bela negara hampir tidak pernah kelihatan, dan saat sekarang pemerintah kembali menggalakan program bela negara ini. Pemantapan pembinaan kemampuan bela negara sangat penting diterapkan bagi seluruh lapisan masyarakat karana didalam materi pembekalannya mendidik kita dalam menumbuhkan percaya diri, upaya memelihara pisik supaya tetap sehat dan meningkatan disiplin serta etos kerja. Bela negara pada dasarnya pembekalan materi latihan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap bangsa dan negara Indonesia, bukan latihan berbau militerisme seperti anggapan segelintir orang.

Dandim 1610/Klungkung sebagai Dan Satgas TMMD ke-99 yang hadir meninjau kegiatan sosialisasi mengatakan Pembinaan bela negara terus akan disebar luaskan kepada seluruh masyarakat, bahkan Kodim 1610/Klungkung sudah memiliki satu Program unggulan Bela negara yang dikemas dengan Kegiatan Mimbar Merah Putih untuk lingkungan pendidikan dan generasi muda, kegiatan ini setiap Triwulan dilombakan. Harapan Dandim agar program ini tidak berhenti sampai disini supaya dijalankan secara berkesinambungan.

Disela sela penyuluhan tersebut Pasiintel membuat kuis dengan melempar berbagai pertanyaan tetang Pancasila serta menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Garuda Pancasila. masyarakat terutama generasi mudanya yang mengikuti Sosilisasi sangat antusias menjawab pertanyaan dari pemaparan materi, bahkan tahu persis jumlah bulu dari Burung Garuda melambangkan Tanggal, Tahun serta Bulan dari kemerdekaan Bangsa Indonesia. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar