Senin, 07 Agustus 2017

Babinsa Koramil 1626-01/Bangli Bersinergi Amankan Ngaben

Pendam IX/Udayana
7 Agustus 2017

Babinsa Tamanbali Koramil 1626-01/Bangli laksanakan PAM Ngaben di Tamanbal Kec. Bangli Kab. Bangli. Minggu (6/8).

Babinsa Koramil 1626-01/Bangli Pelda l Nyoman Rinun bersinergi dengan Babinkamtibmas, Pecalang aparat keamanan lainnya Melaksanakan Pengamanan Ngaben di Desa Tamanbali.

Upacara Ngaben merupakan tradisi umat Hindu Bali  untuk memproses kembalinya Panca Mahabhuta di alam besar ini dan mengantarkan Atma (Roh) ke alam Pitra dengan memutuskan keterikatannya dengan badan duniawi itu. Dengan memutuskan kecintaan Atma (Roh) dengan dunianya, Ia akan dapat kembali pada alamnya, yakni alam Pitra. Kemudian yang menjadi tujuan upacara ngaben adalah agar ragha sarira (Badan/Tubuh) cepat dapat kembali kepada asalnya, yaitu Panca Maha Bhuta di alam ini dan Atma dapat selamat dapat pergi ke alam pitra.

Menurut Babinsa pelaksanaan upacara Ngaben perlu mendapat pengamanan terutama pada saat melintasi jalan raya. Tentunya dengan iring-iringan sarana dan prasarana yang di bawa oleh Masyarakat akan berdampak kepada penggunaan jalur lalulintas, apabila tidak diatur sedemikian rupa maka akan terjadi kekroditan di jalan. Untuk itulah peran Babinsa dan aparat kemanan lainya diperlukan agar perjalanan dapat berjalan dengan aman dan lancar.(Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar