Jumat, 01 September 2017

Koramil 1610-04/Nusa Penida dan Polsek Nusa Penida Menyelamatkan Korban Nicolas

Pendam IX/Udayana
Jumat, 1 September 2017

Tim Koramil menyelamatkan Korban Nicolas yang tenggelam di Pantai Batu Bolong Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Kamis (31/8).

Tim SAR gabungan berhasil menemukan Nicolas Reg (32Th) Pada kedalaman 50 Meter, yang dikabarkan tenggelam diperairan selatan Nusa Penida saat melakukan spearfishing. Korban ditemukan tepatnya di Pantai Batu Bolong. Tim rescue Basarnas Kantor SAR Denpasar bersama tim penyelam dari pihak keluarga korban melakukan pencarian sejak pagi.

Pencarian dilakukan sejak korban dilaporkan terseret arus laut selatan nusa penida. Pencarian dilakukan oleh aparat terkait termasuk tim dari Koramil 1610-04/Nusa Penida dan Polsek Nusa Penida.

Pagi-pagi buta Batuan dari Benoa melucur, RIB 11 Meter bertolak dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 06.00 Wita menuju Batu Bolong. Sekitar pukul 08.40 WITA tim bergabung dengan potensi SAR lainnya dan memulai persiapan penyelaman oleh relawan Sanur. RIB 11 Meter milik Kantor SAR Denpasar dan didukung 3 unit speed boat saling berkoordinasi membagi area pencarian.

Penyelaman sorti pertama masih belum memberikan hasil seperti diberitakan kemarin, operasi SAR telah dilakukan melalui udara dan perairan Nusa Penida sekitaran Batu Bolong. Anggota TNI dan Polri menyisir pinggir tebing untuk upaya pencarian. Ditempat kejadian sempat ditemukan pelampung yang dikenakan korban. Mario rekan korban mengungkapkan bahwa ia temukan pelampung di bawah Batu Bolong, yakni arah utara dari lokasi Niccolas tenggelam. Penyelaman difokuskan di sekitar area ditemukan pelampung korban dan seputaran Batu Bolong.

Tim SAR gabungan juga melakukan penyisiran di permukaan air laut. Akhirnya pada pukul 10.30 WITA tim penyelam berhasil menemukan korban dengan kondisi meninggal dunia di kedalaman kisaran 50 Meter, tepatnya pada koordinat 08 46,421 S - 115 29,126 E. Jasad Nicholas dievakuasi ke atas boat dan selanjutnya dibawa menuju Pantai Semawang Sanur. Sementara itu Tim dari Kantor SAR Denpasar bersama Pusdalops Provinsi Bali sudah standby untuk proses evakuasi selanjutnya menuju daratan.

Sekitar pukul 11.25 WITA RIB 11 Meter dan speedboad yang membawa korban telah merapat di Pantai Semawang Sanur. Usai tiba di daratan, pihak keluarga membawa jenasah Nicolas ke RSUP Sanglah. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar