Rabu, 08 November 2017

Gali Potensi Parawisata, Dandim 1626/Bangli kunjungi Pura Taman Sala

Pendam IX/Udayana
Rabu, 8 Nopember 2017

Bangli,  Dalam mengnggali  potensi wisata yang dimilki oleh Kabupaten Bangli Dandim 1626/Bangli melaksanakan kunjungan ke Obyek wisata Pura Taman Sala, Selasa ( 7/11).

Kunjungan yang dilaksanakan oleh Dandim disamping untuk mengetahui dari dekat potensi wisata di wilyah tugasnya juga sebagai ajang silahturami kepada tokoh masyarakat yang ada di wilayah Bangli. Kedatangan Dandim 1626 didampingi Kasdim 1626, Pasiter, Pasiintel, Danramil 02 Susut dan Babinsa Abuan disambut oleh Bendesa Adat dan Kades Abuan.

Dalam kesempatan tersebut Bendesa Adat Sala I Ketut Kanaya menjelaskan di Pura Taman Desa Sala terdapat 9 buah pancoran, terbagi menjadi dua tempat terpisah. Bagian pertama yang paling atas terdapat 7 buah pancoran, dengan tinggi pancoran mencapai 3 meter di tempat ini dibuat kolam penampung air setinggi 1 meter.

Kemudian 2 buah pancoran letaknya di bagian bawah pinggir sungai. Selain dari air suci yang mengalir dari 9 buah pancoran tersebut, tempat penglukatan lainnya adalah di sungai yang merupakan tempat pertemuan aliran dua buah sungai (campuhan). Dua sumber aliran sungai tersebut dinamakan Grojogan pesiraman Tan Hana untuk aliran sungai sebelah kiri dan Grojogan Pesiraman Dedari untuk sumber aliran air sebelah kanan. Untuk aliran sungai yang ke kiri terdapat sebuah pancoran lagi tempat melukat.

Air yang mengalir di masing-masing sungai tersebut sangat jernih, sehingga menambah kesejukan hati dan pikiran bagi mereka yang ingin melukat. Yang cukup menarik di tempat penglukatan Pura Taman Pecampuhan Sala, di setiap sungai tersebut terdapat air terjun, akses menuju lokasi sedikit menantang tetapi tidak terlampau sulit. Pemandangan air terjun cukup menarik dan eksotis, diapit oleh tebing-tebing batu yang mempercantik air terjun tersebut.

Bagi mereka yang cinta keindahan, tentu tidak akan melewatkan tempat tersebut untuk sekedar foto selfie, mengabadikan perjalanan wisata religinya. Airnya yang mengalir jernih memang sangat ideal juga untuk mandi, membasuh tubuh membersihkan raga dan secara spiritual membersihkan rohani, terasa segar dan menyenangkan, ditambah keindahan alam sekitarnya yang asri, hijau dan sejuk. Menikmati keindahan alam nyata dan spiritual di tempat ini, kita akan merasa betah berlama-lama menikmati kesegaran aliran mata air di  Penglukatan Pura Taman Pecampuhan Sala.

Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto M, Sc mengucapkan terimakasih kepada Kades dan bendesa adat atas ditunjukannya tempat wisata yang sangat indah dan bagus di wilayah Susut. Ini merupakan potensi yang kita miliki dan perlu di promosikan ke depanya sehingga tempat ini akan melengkapai Destinasi Wisata yang ada di Bangli.

“Tempat ini masih perlu penataan dan pembenahaan serta sarana pendukung untuk menarik wisatawan yang akan datang kesini seperti tempat parkir, sarana untuk ganti pakaian, mck dan tempat para pedagang untuk berjualan. Tempat ini sangat luar biasa dan menajubkan”, papar Dandim. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar