Rabu, 11 April 2018

Sigap, Inilah Yang Dilakukan Anggota Pos Lakmars Saat Terjadi Kecelakaan di Tapal Batas




Pendam IX/Udayana
Rabu, 11 April 2018

Selain melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY ikut serta dalam membantu warga dalam kegiatan kemanusiaan. Seperti yang terjadi di daerah sekitar Pos Lakmars Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/ PSY, telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh seorang korban laki-laki bernama Yanuarius (24).

Kecelakaan terjadi ketika motor yang dikendarai korban tidak mampu dikendalikan karena laju kendaraan terlalu kencang dan pada saat melewati tikungan di daerah Kampung Baru Desa Henes, akhirnya korban terjatuh dan terdapat beberapa luka di bagian tubuhnya. Sekumpulan wargapun berusaha membantu korban.

Karena lokasi korban terjatuh dekat dengan Pos Lakmars, pada akhirnya warga memanggil anggota kesehatan Pos Lakmars. Dengan sigap Tim Kes Pos Lakmars langsung menuju lokasi korban dan setelah dilakukan pemeriksaan awal anggota kesehatan pos langsung membawa korban ke pos untuk dilaksanakan penanganan lebih lanjut.

Korban dibawa ke Pos Lakmars Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/ PSY untuk mendapatkan penanganan karena luka sobek pada bagian pelipis kanan yang cukup parah mengakibatkan pelipis korban mendapatkan beberapa jahitan Oleh Tim Kes (Kopda Sahlan dan Praka Herlan) Pos Lakmars.


Selain luka sobek di bagian pelipis korban juga mengalami luka lecet yang cukup parah pada bagian siku lutut serta betis. Setelah beberapa saat di rawat di Pos Korban pun di perkenankan untuk pulang dan melakukan rawat jalan.

Kepala Desa Henes Bapak Apolonius Mau berpendapat bahwa dengan adanya pos di sekitar perbatasan ini selain membantu menjaga perbatasan juga membatu dalam menangani kesehatan masyarakat.


Sedangkan kepala Puskesmas Lakmars Bapak Joni Koi SKM mengapresiasi pertolongan yang dilakukan oleh anggota tim kesehatan pos lakmars dalam membatu menangani kecelakaan, semoga terjalin kerjasama yang baik antara puskesmas dengan pos lakmars dalam menangani masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan.

Tokoh masyarakat Bapak Simon Asa mengutarakan rasa bangga terhadap anggota Pos Lakmars meskipun baru 3 bulan tetapi sudah banyak membantu masyarakat. (Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/ PSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar