Rabu, 27 Juni 2018

Danrem 163 Wira Satya Tegaskan Kembali Netralitas TNI

Pendam IX/Udayana
Rabu, 27 Juni 2018

Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A. M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., menegaskan kembali tentang Netralitas TNI sebagai hal yang mutlak bagi seluruh Prajurit TNI dan kebijakan dari Komando Atas tersebut harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Demikian penyampaian Danrem dihadapan Para Dandim Jajaran, Para Kasi Korem 163/Wira Satya dan Perwira Staf lainnya saat memberikan pengarahan Senin Sore (25/06) bertempat di Ruang Rapat Tanah Aron,   Makorem 163/Wira Satya.
"Bahwa sesuai kebijakan Komando Atas, TNI sangat komitmen dengan Netralitas TNI. Netral tersebut tidak memihak kepada salah satu kontestan atau pasangan calon", papar Danrem.
Menurut Danrem, kita harus mampu menjaga jarak yang sama. Prajurit TNI tidak berpolitik praktis. Tugas kita adalah ikut menjaga pesta demokrasi tersebut berlangsung, tertib, aman dan lancar serta sesuai aturan ketentuan yang ada.
Sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), tugas TNI adalah melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri termasuk dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut.
Tugas perbantuan yang dilaksanakan didasari atas permintaan atau menimbang situasi yang harus dihadapi.
Danrem juga mengingatkan seluruh jajaran untuk meningkatkan kesiapan termasuk memerintahkan para Dandim memonitor situasi wilayah bekerjasama dengan Para Kapolres serta harus dapat memastikan segala logistik Pilkada terdistribusi secara aman dan lancar sampai ke desa-desa.
Pada kesempatan tersebut Danrem juga memerintahkan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Korem 163/Wira Satya dan keluarga yang memilki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing, tanpa tekanan atau pengaruh dari pihak manapun.
Berdasarkan laporan dan pengamatan Danrem, kondisi keamanan wilayah Provinsi Bali jelang pelaksanaan Pilkada yang puncaknya pada tanggal 27 Juni 2018, secara umum sangat kondusif. Tahapan Pilkada semua berlangsung aman dan tertib, hal ini menurutnya menunjukkan tingkat kedewasaan masyarakat Bali dalam berdemokrasi semakin baik.
Harapan dari Danrem adalah agar semua warga masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pelaksanaan Pilkada ini dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya yang nantinya siapapun memenangkan Pilkada tersebut adalah merupakan pilihan terbaik dari rakyat yang nantinya mendapatkan kepercayaan memimpin daerah dan dengan harapan juga mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar