Selasa, 03 Juli 2018

Pantau Serta Dampingi Warga Monitoring Saluran Irigasi, Babinsa Sebagai Motivator


Pendam IX/Udayana
Selasa, 3 Juli 2018

Babinsa Koramil 1609 - 09/Sawan Sertu Ketut Sumarma memantau dan monitoring saluran irigasi di subak babakan tua desa sawan kecamatan sawan kabupaten Buleleng, Senin (2/7).

Dalam pembuatan saluran irigasi tersebut, kehadiran Babinsa sebagai motivator serta penyemangat agar masyarakat lebih giat lagi dalam bekerja membangun desanya sendiri.

“Pembangunan saluran irigasi tersier teramat vital, karena, saluran inilah yang akan bisa mengantarkan air sampai merata keseluruh areal sawah terutama yang jauh dari saluran induk. Diharapkan dengan dibangunnya saluran tersier ini akan meningkatkan hasil panen untuk mendukung tercapainya swasembada pangan,” tutur Sertu Ketut Sumarma.

Saluran irigasi dengan panjang 160 m dan lebar 40 cm semula belum permanen dan jika musim penghujan sering jebol akibat tergerus air, sehingga air yang mengalir tidak bisa maksimal sampai ke sawah.

"Jika saat ini TNI ikut turun membantu untuk membangun saluran air dan menanam padi, itu menjadi bagian tugas TNI, lebih penting lagi yakni membantu perbaikan irigasi tersier, karena itu menyangkut nasib petani. Diharapkan, setelah pembangunan saluran irigasi ini petani tidak kendala dalam mengolah sawah, sehingga program swasembada pangan dapat tercapai," pungkasnya. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar