Rabu, 04 Juli 2018

Para Medis Pos Silawan Merawat Balita Luka Bakar


Pendam IX/Udayana
Rabu, 4 Juli 2018

Kepedulian TNI AD Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY terhadap warga di perbatasan Belu-Timor Leste tak pernah ada habisnya.

Terbukti, Anggota kesehatan Satgas di Pos Silawan, Desa Silawan, Kecamatan Tastim memberikan bantuan pelayanan kesehatan yakni merawat Fikri balita laki-laki di Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak yang menderita luka bakar di sebagian tubuhnya.

Saat ini, kondisi balita yang berusia 4 tahun itu sudah semakin membaik setelah dirawat Bintara Kesehatan (Bakes) Sertu Rahmad Daniarco, personel Pos Silawan.

Danpos Silawan Serka Muhammad Yusuf mengatakan bahwa awalnya Fikri menderita luka bakar akibat tersiram air panas, ketika membantu ibunya memasak di dapur.

“Dia menderita luka bakar di tangan kiri dan sekitar 25% dibagian perutnya karena tersiram air panas,” terang dia.

Jelas Yusuf, sebelumnya Fikri sempat dibawa ke Puskesmas pembantu setempat. Namun karena fasilitas kurang lengkap sehingga diadakan rawat jalan. Setelah itu, orang tua pasien membawa Fikri ke pos Silawan untuk berobat dan melihat kondisi luka bakar itu Bakes langsung bertindak merawat lukanya.

Dikatakan, Anggota Pos Silawan selain melaksanakan tugas pokok sebagai pengaman perbatasan juga akan terus membantu dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat di wilayah perbatasan sesuai dengan perintah Dansatgas.

Sementara itu Bakes Sertu Rahmad Daniarco menuturkan, luka bakar merupakan luka serius yang harus ditangani secara serius karena jika lukanya sampai infeksi efeknya akan lebih buruk lagi bagi Fikri.

“Perawatan lukanya setiap hari dengan prinsip steril luka akan lebih cepat sembuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi,” ujar Bakes Rahmat.

Ibu kandung Fikri, mama Ode berprofesi sebagai Nelayan di Atapupu menyampaikan terima kasih atas bantuan dan perhatian personil Satgas Pos Silawan yang sudah peduli membantu merawat luka bakar anaknya.

Saat ini kondisi luka bakar Fikri di bagian tangan dan badan mulai berangsur membaik setelah hampir setiap hari anggota Kesehatan Pos Silawan merawat lukanya.

Selain itu, mama Ode juga berpesan agar warga di wilayah perbatasan tidak usah takut untuk datang berobat ke Pos Satgas, karena di Pos ada anggota kesehatan yang siap membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga. (Satgas Pamtas RI-RDTL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar