Jumat, 21 September 2018

Operasi Mantap Brata, 1.090 personil TNI-Polri Siap Amankan Pemilu di Belu-Malaka


Pendam IX/Udayana
Jumat, 21 September 2018

Kepolisian Resor (Polres) Belu, Provinsi NTT sudah melaksanakan apel gelar pasukan operasi Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. Apel gelar pasukan berlangsung di Lapangan Umum Atambua.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melakukan pengamanan.

Dengan demikian, pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai.

Total personil yang terlibat dalam operasi Mantap Brata ini sebanyak 1.090 personil yang diri Polri 800 personil dan TNI 290 personil. Anggota Polri dan TNI bersinergi untuk melakukan pengamanan pemilu sehingga masyarakat dapat menggunakan hak suara tanpa ada gangguan keamanan.

Menurut Kapolres Tobing, Polri dan TNI menjamin keamanan saat pemilu legislatif dan pemilihan presiden di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka.

Aparat keamanan akan meningkatkan pengamanan di wilayah perbatasan melalui upaya preventif dan represif dengan mengedepankan bhabinkantibmas dan babinsa.

Polisi juga sudah menetapkan spot-spot kerawanan yang bisa timbul dalam penyelenggaraan pemilu mulai dari tahap kampanye sampai tahap pemungutan suara.

Kapolres Tobing mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak benar dan isu-isu SARA serta penyebaran hoax.

Dandim 1605 Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika mengatakan, TNI selalu bersinergi dengan Polri dalam melakukan pengamanan. Untuk pengamanan pemilu legislatif dan pilpres, Kodim Belu menerjunkan 290 personil.

Wakil Bupati Belu, J T Ose Luan kepada POS- KUPANG.COM mengatakan, pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar di momen politik tetap menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Ose Luan beroptimis, aparat keamanan, TNI dan Polri sudah memetakan potensi gangguan keamanan dan upaya mengatasi masalah gangguan keamanan. (Kodim 1605/Belu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar