Rabu, 12 September 2018

Tim Psikologi TNI Masih Terus Berusaha Pulihkan Trauma Warga Lombok Akibat Gempa


Pendam IX/Udayana
Rabu, 12 September 2018

Tim Psikologi TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) masih terus memberikan bantuan pemulihan trauma psikologis bagi warga terutama anak-anak pasca gempa bumi yang terjadi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dukungan psikologis tersebut,  diantaranya melalui ceramah motivasi bagi orang tua dan play games psikologi untuk anak-anak, seperti yang dilakukan di tempat pengungsian Desa Balai Kuwu, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (11/9/2018) pagi hingga siang hari.

Ketua Tim Psikologi TNI Kogasgabpad Mayor (Kes) NH. Prasetyo, M.Psi. seusai memberikan ceramah motivasi kepada warga mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk membantu memulihkan trauma warga terutama anak-anak, untuk segera bangkit dengan melakukan berbagai kegiatan pasca gempa yang terjadi.

“Tim Psikologi TNI Kogasgabpad melakukan sebuah terapi yaitu story telling, dimana anak-anak ini bisa meluapkan emosinya melalui permainan psikologi, mendengarkan cerita dan motivasi yang membuat mereka untuk bangkit,” tuturnya.

Menurut Mayor (Kes) NH. Prasetyo, umumnya anak-anak yang terkena kalau trauma atau masalah cenderung dipendam dan tidak bisa mengucapkan kata-kata, sehingga perlu difasilitasi dengan berbagai terapi psikologi maupun diberikan trik-trik psikologi dengan harapan, mereka bisa melupakan kesedihan dan dapat bersekolah lagi seperti semula. “ Ini tentu berbeda dengan penanganan psikologi orang tua, salah satunya dengan psikologi edukasi,” katanya.

“Kita juga menjelaskan kepada warga  tentang fenomena gempa dan tsunami. Itu penting sekali, sehingga dengan pengertian yang baik kondisi psikologi mereka lebih tenang,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memaksimalkan membantu memulihkan warga yang sedang mengalami trauma,  Tim Psikologi TNI Kogasgabpad bersama-sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta relawan-relawan yang sedang melaksanakan sebuah pelayanan konseling di daerah Lombok. (Pen Satgasgabpad Lombok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar