Sabtu, 03 November 2018

Pendistribusian Kotak Suara Pilkades Serentak di Manggarai Dijaga Ketat Aparat TNI Polri


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 3 November 2018

Sehari menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Manggarai mulai dilakukan pendistribusian kotak suara dan keperluan logistik lainnya. Untuk mengantisipasi kecurangan, petugas dari Kepolisian (Bhabinkamtibmas Polres Manggarai) dan TNI (Koramil Wilayah Kabupaten Manggarai, Kodim 1612/Manggarai) bersinergi melaksanakan pengamanan dari lokasi penyimpanan kotak suara ke lokasi Tempat Pemungutan Suara, Jumat (2/10).

Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos. memastikan semua logistik jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak esok sudah siap. Logistik tersebut hari ini telah dikirim ke 10 Desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini di 5 Kecamatan wilayah Kabupaten Manggarai.

Menurut Letkol Inf Rudy, H-1 hari jelang Pilkades ini semua kesiapan Pilkades sudah rampung, termasuk persoalan logistik. Semua masih belum bisa dipastikan hanya tinggal menunggu laporan secara resmi dari Danramil jajaran. Namun, dirinya yakin 100% bahwa logistik Pilkades akan lancar dan dipastikan tidak ada kebocoran atau kecurangan.

“Semua sudah didistribusikan, tinggal menunggu laporan secara remi dari Danramil jajaran kepada saya. Saya yakin bahwa seluruh logistik Pilkades serentak tahun 2018 ini akan sampai tujuan dengan pengawalan dan pengamanan ketat dari personil Kodim 1612/Manggarai bersama Polres Manggarai dan Linmas,” ujarnya.

Dandim juga mengungkapkan para Danramil jajaran diharapkan memantau anggotanya yang melakukan pengawalan logistik Pilkades. Diharapkan seluruh kebutuhan penyelenggaraan pemilihan kepala desa tersebut sampai di TPS dalam kondisi aman.

“Dalam melakukan pengawalan pendistribusian logistik pilkades agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas pengawalan dan pastikan logistik pilkades tiba di TPS dalam keadaan aman dan terkendali”, katanya.

Adapun logistik pilkades berupa surat suara, surat undangan, tabulasi penghitungan, dan rekapitulasi akhir, yang dikawal ketat oleh personil Babinsa  wilayah Manggarai untuk membantu Polres Manggarai.

“Pendistribusian dapat berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya surat suara akan dilipat dan dikemas serta disimpan di tempat yang terkunci dan disegel, pada Jumat 2 Nopember 2018 di masing-masing TPS di masing-masing desa yang akan dilaksanakan pemungutan suara Pilkades serentak,” ungkap Letkol Inf Rudy M. Simagunsong.

Selain melaksanakan pengawalan logistik Pilkades, Dandim kembali menerangkan bahwa TNI serius dalam menjunjung tinggi netralitas pada setiap pelaksanaan pemilu, untuk itu saat pelaksanaan tugas dilapangan Dandim berharap anggotanya selalu mengikuti aturan yang sudah ada dan memegang teguh netralitas TNI.

“Untuk itu, kami harapkan kepada para anggota yang terlibat langsung agar dapat mengikuti aturan yang ditetapkan dan menjunjung tinggi netralitas TNI,” tambah dia.

Lanjut Dandim, potensi kerawanan yang timbul, sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat yang berdemokrasi. Merupakan potensi gangguan yang harus dikelola dengan baik, agar tidak berkembang menjadi ganguan ketertiban masyarakat yang menggangu jalannya pelaksanaan pilkades serentak.

Babinsa jajaran Kodim Manggarai yang diwilayahnya melaksanakan Pilkades, hari hari ini terjun langsung ke lapangan untuk membackup Kepolisian pendistribusian logistik Pilkades dan memantau situasi agar dalam masa tenang ini masih dalam keadaan kondusif. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar