Senin, 12 November 2018

Songsong Tugas Pamtas RI-RDTL, Pangdam Berangkatkan Satgas Yonif Mekanis 741/GN


Pendam IX/Udayana
Senin, 12 November 2018

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P,  melepas keberangkatan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif  Mekanis 741/Garuda Nusantara pada Senin (12/11) di Pelabuhan Benoa Denpasar.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya Pangdam  mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis 741/Garuda Nusantara, Satgas Intel dan Bantuan dalam mengemban tugas mulia demi menjaga tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Setelah mengikuti latihan pratugas beberapa waktu lalu tentunya para prajurit  telah mengetahui dan memahami tugas dan tanggungjawab yang akan diemban di daerah penugasan untuk menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL agar tetap aman dan kondusif.

Pangdam  juga memberi penekanan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-RDTL agar  menerapkan apa yang sudah dilatihkan dalam pratugas, terutama yang  terkait dengan prosedur pengamanan terhadap pelintas batas dan cara penanganannya bersama instansi terkait di daerah penugasan. 

Selalu adakan koordinasi dengan Kepolisian Timor Leste apabila terjadi pelanggaran di daerah perbatasan yang menjadi tanggung jawab kalian. Jika koordinasi sudah dibangun dengan baik dan penanganan dilaksanakan secara profesional, tugas seberat apapun akan dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Segera laksanakan orientasi di daerah penugasan,  pelajari karakteristik medan, situasi dan kondisi daerah setempat sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dapat mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM, sesuaikan diri dengan adat istiadat atau norma yang berlaku dalam masyarakat di mana bertugas. 

Mantapkan langkah menuju medan tugas, disiplin dalam setiap tindakan serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, tetap jaga dan pertahankan nama baik Kodam IX/Udayana dan TNI Angkatan Darat, demikian tegas Pangdam.

Selain itu Pangdam juga menyampaikan beberapa hal yang perlu dipedomani oleh seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-RDTL agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,  tegakkan disiplin, selalu waspada, tidak boleh sombong dan arogan serta jangan pernah ragu untuk berbuat yang terbaik demi bangsa dan negara. Perhatikan faktor keamanan personel dan materiil selama dalam perjalanan maupun di medan tugas. 

Berangkatlah dengan penuh motivasi dan kemantapan hati untuk kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Para  pejabat yang hadir dalam acara pengantaran antara lain  Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, para Staf Ahli, para Asisten, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalakdam IX/Udayana dan sejumlah undangan lainnya. (PendamUdy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar