Minggu, 11 November 2018

Usai Upacara, Dandim Manggarai Pimpin Ziarah Nasional Dihari Pahlawan

 
Pendam IX/Udayana
Minggu, 11 November 2018

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi mewujudkan kemerdekaan Negara yang jatuh pada tanggal 10 November 2018, maka Pemerintah Kabupaten Manggarai menggelar Upacara memperingati Hari Pahlawan dengan tema "Semangat Pahlawan Didadaku", di Lapangan Motang Rua Kantor Bupati Manggarai  jalan Motang Rua, Kelurahan Pitak.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur, Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S. Sos., Wakapolres Manggarai Kompol Tobias Tamonop, Plh. Kasdim 1612/Manggarai, Kapten Czi Sunoko,  Danki Brimob Iptu Sigit Wahyu Afrianto, SIK, Para OPD, Tokoh Agama, TNI-Porli, organisasi pemuda dan seluruh Pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Bupati Manggarai DR. Deno Kamelus, S.H., M.H. sebagai Inspektur Upacara dalam pidatonyan mengatakan memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2018 untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Prosesi peringatan hari pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan juga di laksanakan di seluruh pelosok tanah air bahkan di perwakilan negara RI di luar negeri.

Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus syarat makna bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi dalam nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis. Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang.

"Selamat hari pahlawan tahun 2018 kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara, jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial", diakhir pidatonya.

Setelah Upacara Peringatan Hari Pahlawan selesai, Bupati beserta rombongan kemudian melakukan ziarah ke makam para pahlawan tepatnya di TMP Lalong Tanah, Kelurahan Karot sekaligus melakukan penaburan bunga. Dandim 1612/Manggarai sebagai Inspektur upacara atau pimpinan ziarah dalam kegiatan ini. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar