Senin, 11 Maret 2019

Dan SSK Berikan Pengenalan Wasbang Siswa SDN 16 Manggelewa


Pendam IX/Udayana
Senin, 11 Maret 2019

Dompu - Disela-sela pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 Kodim 1614/Dompu, Dan SSK Kapten Inf Mujiono memberikan pengenalan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa siswi SDN 16 Manggelewa, Sabtu (9/3).

Menurutnya, pengenalan Wasbang ini perlu dilakukan kepada anak-anak sokalah mengingat pentingnya tentang wawasan kebangsaan sehingga dari sedini mungkin  mereka harus tahu tentang bangsa dan negaranya.

"Mereka minimal harus hafal Pancasila dan lambang-lambangnya, mengenal Presiden dan Wakil Presiden dari pertama hingga sekarang, dan mengetahui sejarah perjuangan bangsa hingga bisa merdeka dan berdiri tegak seperti sekarang ini," jelas Mujiono.

Selain pengenalan Wasbang, Dan SSK juga memberikan latihan fisik seperti senam pagi dan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk meningkatkan kedisiplinan, kekompakan dan kebersamaan.

Terpisah, Dandim 1614/Dompu selaku Dansatgas TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hadiyanto, S.IP., memberikan apresiasi kepada Dan SSK yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pengenalan wawasan kebangsaan kepada anak-anak sekolah.

"Ini merupakan bagian dari program non fisik kegiatan TMMD ke 104 yang dipusatkan di Kecamatan Manggelewa," ucap Dansatgas.

Dijelaskannya, wawasan kebangsaan memang harus dimiliki seluruh anak bangsa mulai dari sedini mungkin mereka harus diperkenalkan tentang wawasan kebangsaan sehingga kedepan diharapkan mereka memiliki jiwa nasionalisme dan patritisme, rasa kecintaan yang penuh kepada bangsa dan negara.

"Kalau sudah demikian maka jiwa militan terhadap bangsa dan negara akan betul-betul tertanam dalam diri anak bangsa sehingga tidak perlu diragukan lagi nasionalismenya," tegas Alumni Akmil 1998 tersebut.

Kita berharap anak-anak ini akan menjadi generasi muda yang tangguh, cerdas, arif  dan bijaksana serta memiliki skil yang mumpuni dibidangnya masing-masing. (Kodim 1614/Dompu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar