Senin, 25 Maret 2019

Pererat Silaturahmi, Kodim 1612/Manggarai Gelar Komsos Bersama KBT


Pendam IX/Udayana
Senin, 25 Maret 2019

Manggarai - Kodim 1612/Manggarai menggelar Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI (KBT) di aula Makodim 1612/Manggarai, Jalan Banteng, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Sabtu (23/3/2019).

Kegiatan KBT dibuka oleh Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos. dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadir pada kegiatan komsos tersebut Kasdim 1612/Manggarai beserta Perwira Staf Kodim 1612/Manggarai serta dari Ormas Pepabri, FKPPI, Persit KCK. Adapun tema dalam kegiatan ini adalah “Melalui Silaturahmi Dengan Keluarga Besar TNI Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI".

Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S. Sos. dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Kosmos KBT ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan memelihara serta meningkatkan hubungan antara prajurit TNI Kodim 1612/Manggarai dengan Keluarga Besar TNI.

“Agar terjalin hubungan yang harmonis guna memberikan pemahaman yang sama terhadap keutuhan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta mengajak Keluarga Besar TNI dalam rangka berpartisipasi dalam pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Pebabri dan FKPPI ini adalah modal awal bagi kami, karena genarasi yang mengajari kami tentang disiplin dan dalam mengatasi persoalan-persoalan di masyarakat, jelasnya.

Kosmos sebagai salah satu metode pembinaan teritorial, merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Keluarga Besar TNI.

“Komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Keluarga Besar TNI harus dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan,” pungkas Dandim.

Dandim juga  dalam kesempatannya menyampaikan materi “Nilai-Nilai Pancasila dan Cinta Tanah Air” serta bersama sama menjaga keamanan serta menciptakan pemilu yang damai pada tahun politik ini, apapun pilihan kita, itu merupakan pilihan terbaik untuk bangsa dan Negara”.

“Setelah Indonesia merdeka, apa yang harus kita perbuat, tentunya menjaga kedaulatan dan eksistensi Republik ini dengan Pancasila sebagai Ideoginya yang mampu mempersatukan keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan,” papar Dandim.

Diakhir materinya, Dandim mengajak semua komponen bangsa harus bersatu, untuk mencegah dan menghalau semua ancaman yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

“Untuk itu mari kita bersama-sama meneguhkan kembali, mempedomani dan menerapkan Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” pungkasnya. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar