Selasa, 30 April 2019

Menyatakan Perang Terhadap Narkoba, Ini Yang Dilakukan Kodim 1612/Manggarai


Pendam IX/Udayana
Selasa, 30 April 2019

Manggarai - Pernyataan dan sikap perang melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba terus disuarakan, tidak terkecuali pada lingkungan TNI. Mengingat hal itu, Kodim 1612/Manggarai menyatakan siap perang terhadap barang haram tersebut, sekalipun menjerat anggotanya.

Salah satu cara selain rutin melaksanakan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dan tes urine bagi anggota Kodim 1612/Manggarai, kegiatan juga berupa pemasangan spanduk ataupun baliho tentang 'Perang Terhadap Narkoba'.

Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, dalam pernyataannya di Makodim 1612/Manggarai, Senin (29/4), mengatakan bahwa pihaknya terus memantau anggotanya guna memastikan bersih dari penggunaan narkoba.

"Kita selalu melakukan pemeriksaan secara berkala. Walau kita sadar, tidak menutup kemungkinan ada anggota yang terindikasi," ungkap Dandim.

Namun, menurut hasil pengecekan yang selama ini dilakukan, belum ada anggotanya yang melakukan perbuatan tersebut ataupun positif menggunakan Narkoba, ini harus terus kita pertahankan.

Dandim meminta kepada seluruh pihak agar segera melaporkan jika menemukan anggota Kodim 1612/Manggarai terlibat langsung mengunakan narkoba. "Jika ada laporan, saya akan tindak lanjuti langsung," ujarnya.

Dikatakan lagi, jika ada anggotanya melakukan tindakan tersebut, sesuai dengan komitmen Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP kepada seluruh jajaranya akan memberikan sanksi berat terhadap anggota TNI di jajaran Kodam Udayana yang mengunakan Narkoba.

"Prajurit Kodim 1612/Manggarai, idealnya bisa memberikan kontribusi dalam upaya memerangi narkoba, bukan justru terlibat. Jika terjadi, sanksi berat menanti," kata Rudy.

Sebagai bentuk pencegahan kata Dandim lagi, selain tindakan persuasif dan prefentif pihaknya mengajak, masyarakat Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur tanggap dan sadar terhadap bahaya laten narkoba.

"Saya juga menghimbau, kepada Babinsa jajaran, untuk mengupayakan kampung binaanya bersih dari Narkoba. Sosialisasi di sekolah-sekolah juga perlu, hal tersebut mengantisipasi terjerumusnya remaja pada barang haram tersebut," ungkap Dandim.

Tindakan sosialisasi lainnya, berupa pengumuman melalui spanduk-spanduk yang kita pasang dibeberapa titik seperti saat ini, terutama di Kantor Koramil jajaran dan Makodim. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar