Rabu, 24 April 2019

Peringati HUT ke-111 Puputan Klungkung, Kesbangpol Bersama Kodim 1610/Klungkung Gelar Dialog Kebangsaan


Pendam IX/Udayana
Rabu, 24 April 2019

Klungkung - Dalam rangkaian memperingati HUT ke-111 Puputan Klungkung dan HUT ke-27 Kota Semarapura, Kesbangpolinmas bersama Kodim 1610/Klungkung melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan konflik sosial berupa dialog wawasan kebangsaan dengan tema “Peran Pemuda Dalam Memelihara Harmoni Sosial di Klungkung Dengan Spirit Gema Santi”.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kaban Kesbangpol Klungkung I Wayan Sujana, Sekretaris Kesbangpol Dewa Aswin dan Pasi Intel Kodim 1610/Klungkung Lettu Inf I Made Purwadi, S.H dan perwakilan Karang Taruna se-Kabupaten Klungkung, dilaksanakan di Klungkung, Minggu (21/4).

Kaban Kesbangpol Klungkung menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta pemuda dalam usaha bela negara, yang diandasi kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Konsep kebangsaan yang perlu ditanamkan yakni keanekaragaman dan perbedaan dalam satu kesatuan atau Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan wawasan kebangsaan kita dapat mengembangkan sikap toleransi, pemerintahpun terus berupaya untuk mengurangi penyebaran hoaks dengan cara menyusun undang-undang yang mengatur sanksi bagi pengguna internet yang turut menyebarkan konten negatif. Dengan tidak langsung menerima informasi yang belum tentu kebenarannya, generasi muda harus cerdas serta tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks," ungkapnya.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 1610/Klungkung menyampaikan bahwa sebagai generasi muda harus bisa berinovasi dan mengembangkan diri, tidak hanya menunggu mendapatkan pekerjaan, tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan, perlu peningkatan kualitas SDM sehingga memiliki karakter diri yang beretika, bermoral, santun, jujur, semangat dan disiplin.

"Generasi muda harus memiliki semangat cinta tanah air, bela negara dan menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI. Pentingnya pengetahuan tentang wawasan kebangsaan agar rasa nasionalisme tertanam sejak dini di jiwa generasi muda sebagai penerus bangsa dan akan menjadi kekuatan besar dalam mempertahankan serta terus memperjuangkan kemajuan bangsa," tegas Pasi Intel.

Ditambahkannya juga, pemuda yang memiliki semangat bela tanah air secara proaktif mengajak masyarakat agar lebih cerdas dalam menggunakan media sosial.

Ketua Karang Taruna Desa Gunaksa I Wayan Sudiasa juga mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut, harapannya kedepan agar kegiatan tersebut terus dilakukan guna memberikan wawasan kepada para generasi muda sehingga memiliki jiwa nasionalisme dan semangat bela negara, dan tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang merugikan diri sendiri. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar