Selasa, 04 Juni 2019

Dandim 1609/Buleleng : Jambanisasi Wujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera


Pendam IX/Udayana
Selasa, 4 Juni 2019

Buleleng - Jamban merupakan tempat untuk membuang kotoran manusia, yang tentunya sangat penting dijaga kebersihan dan kesehatannya baik terhadap manusia itu sendiri, lingkungan sekitar maupun alam. Konsep jamban sehat itu sendiri tidaklah mahal, yang terpenting sederhana, aman, nyaman dan tidak mengotori manusia serta lingkungan sekitar.

Hal inilah yang dilakukan oleh Kodim 1609/Buleleng bekerjasama dengan PT. Pelindo III Celukanbawang sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat miskin dan kurang mampu untuk dibuatkan jamban gratis.

Pembuatan jamban di wilayah Buleleng tersebut dilaksanakan secara tersebar di setiap desa. Sebelum pembuatan jamban, para Babinsa melakukan cek dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran. Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program komando atas, sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat.

Data masyarakat penerima bantuan jamban di wilayah Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleleng antara lain I Wayan Merta (47), Suardi (38), Aminah (90), Jamilah (40), Kadek Sarjana (31), Ketut Nadia (60), Marjan (33) dan Syamsul Hakim (38).

Danramil 1609-08/Gerokgak Kapten Inf Gede Oka mengungkapkan bahwa proyek pembuatan jamban gratis untuk masyarakat miskin dan kurang mampu ini dikerjakan mulai tanggal 8 Mei sampai dengan 28 Mei 2019 oleh anggota Koramil 1609-08/Gerokgak bersama masyarakat.

“Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pengadaan jamban ini tetap dilakukan oleh jajaran Kodim 1609/Buleleng, yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban di rumahnya,” ujar Danramil 1609-08/Gerokgak.

Sementara itu, Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H., M.Tr(Han)., dalam keterangan persnya, pada Senin (3/6) di ruang kerjanya, mengatakan bahwa kegiatan tersebut disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial dengan masyarakat akan tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI Rakyat.

“Melalui kegiatan jambanisasi ini mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” tegasnya. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar