Kamis, 22 Agustus 2019

Tangkal Radikalisme dan Separatisme, Kodam IX/Udayana Gelar Acara Binkomsos


Pendam IX/Udayana
Kamis, 22 Agustus 2019

Denpasar - Menyikapi maraknya beberapa kasus radikalisme dan separatisme yang terjadi di Indonesia saat ini Kodam IX/Udayana menggelar acara Pembinaan Komunikasi Sosial (Binkomsos) bertajuk “Melalui Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme, Kita Perkokoh Mentalitas Dan Pemahaman Idiologi Pancasila Guna Mencegah Ancaman Bahaya Radikalisme/Separatisme Dalam Rangka Mewujudkan Alat Juang Pertahanan Yang Tangguh” dengan mengundang beberapa elemen masyarakat, Akademisi dan Polda Bali bertempat di Aula Makodam IX/Udayana pada hari Kamis (22/8). 

Membuka acara tersebut, Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jamez A Ratu Edo membacakan amanat Pangdam IX/Udayana yang mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Binkomsos ini adalah sebagai salah satu bentuk forum komunikasi untuk menangkal dan mencegah berkembangnya paham-paham yang tidak sejalan dengan Ideologi Pancasila, seperti paham radikal dan separatis yang sangat bertentangan dengan Pancasila. Melalui kegiatan Binkomsos ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana menuangkan pikiran dan pendapat serta langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mencegah berkembangnya radikalisme dan separatisme.

Khususnya Provinsi Bali dalam hal ini yang merupakan wilayah Kodam IX/Udayana menjadi barometer Pariwisata senantiasa memegang prinsip kebersamaan dalam keberagaman, dimana kestabilan dalam hal keamanan menjadi prioritas dan senantiasa tetap terjaga serta terbebas dari paham-paham radikal dan separatis.

“Jika Bali aman tentunya masyarakat dunia menilai Indonesia secara keseluruhan juga aman. Jangan sampai keamanan dan kenyamanan masyarakat yang sudah tercipta selama ini terganggu oleh adanya faham-faham radikal atau separatis yang melancarkan aksinya’”. Demikian tegas Pangdam.

Dalam rilis tertulisnya, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP mengatakan “Semua pihak berperan dalam menangkal dan mencegah munculnya paham-paham radikal dan separatis, oleh karena itu Kodam IX/Udayana menggelar acara Binkomsos ini sebagai sarana untuk meningkatkan kebersamaan sehingga tercipta soliditas dan sinergitas dalam menciptakan kondisi juang yang tangguh” ujar Kapendam.

Hadir pada acara tersebut Bapak Dr. Ketut Westra S.H, MH. (Ahli Hukum& Dosen Fakultas Hukum Universitas Udayana) selaku Moderator, Bapak Nyoman Swanjaya, S.E, M.Si (Kabid Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Prov.Bali) serta Bapak Eka Jaya (Ketua Walubi Prov.Bali) selaku narasumber, FKUB, FKPPI, HIPAKAD, WALUBI, PEKAT serta para undangan lainnya. (Pendam/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar