Senin, 16 September 2019

Kodim 1609/Buleleng Gandeng PDAM Buleleng Hijaukan Danau Buyan


Pendam IX/Udayana
Senin, 16 September 2019

Buleleng - Kodim 1609/Buleleng menunjukkan bukti nyata dalam mendukung program pemerintah dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Terbukti pada kegiatan penghijauan dengan menanam ribuan pohon yang digelar di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan yang dalam rangka Program Kerja Kodim 1609/Buleleng dan HUT PDAM ke 33 tahun 2019 ini dilaksanakan bekerjasama dengan PDAM wilayah Buleleng dan menggandeng Instansi Pemerintah serta seluruh komponen masyarakat Desa Pancasari.

Dirut PDAM Buleleng I Made Lestariana, SE., menyampaikan bahwa PDAM Buleleng ikut berperan aktif dalam pemeliharaan lingkungan dan pemeliharaan sumber air, pemberdayaan dan pengelolaan Danau Buyan dengan baik agar dapat bermanfaat bagi lapisan masyarakat Kabupaten Buleleng, sinergitas dan kerjasama juga sangat baik antara PDAM Buleleng dan Kodim 1609/Buleleng.

Sementara itu, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H. M.Tr(Han) dalam sambutannya menuturkan, agar pohon yang ditanam dapat dipelihara dengan baik sehingga dapat tumbuh dengan subur dan dapat menjadi resapan penyimpan air untuk keseimbangan alam semesta.

"Kepedulian prajurit TNI manunggal dengan rakyat merupakan sumber kekuatan bangsa, pencemaran lingkungan semakin banyak untuk itu kita harus tetap menjaga lingkungan kita dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan pembuatan kajian tentang kondisi bendungan dan kesulitan air pada musim kemarau," ungkap Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., juga menyampaikan bahwa penghijauan Danau Buyan merupakan gagasan dari Kodim 1609/Buleleng yang bersinergi dengan PDAM Buleleng untuk kelestarian danau Buyan.

Tanah urugan yang ada dipinggiran danau Buyan merupakan berkah sehingga bisa untuk ditanami pohon. Konservasi alam harus memberikan manfaat bagi masyarakat baik untuk kebaikan lingkungan dan tempat obyek wisata, bagi warga masyarakat yang sering komen di medsos tentang kebijakan Bupati akan diberikan waktu untuk berdebat dengan Bupati agar mereka paham dengan program yang dilaksanakan oleh Pemkab Buleleng.

"Biasakan acara penanaman pohon bukan sebagai sarana untuk mencari ketenaran usahakan agar pohon yang sudah ditanam agar tetap dijaga dan dipelihara sehingga tetap hidup dan tumbuh dengan baik," tegas Bupati seraya merencanakan kedepannya Pemkab Buleleng akan menanam sekitar 800 pohon di wilayah Desa Pancasari dan Desa Wanagiri.

Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan secara serentak dengan jumlah sebanyak 330 pohon yang terdiri dari 5 jenis pohon diantaranya Pohon Majagau, Kepelan, Cemara Panda, Beringin, dan Ampupu.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut diantaranya Para Asisten dan Staf Ahli Kab Buleleng, Kasdim 1609/Buleleng, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1609/Buleleng, Kapolsek Sukasada, Anggota Kodim 1609/Buleleng, Anggota PDAM Buleleng, Anggota Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Bali, Perbekel dan Para Kadus Desa Pancasari, Kelian Desa Adat dan Kelian Banjar Adat, serta seluruh komponen masyarakat Desa Pancasari dan Siswa SMP N 2 Pancasari. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar