Senin, 28 Oktober 2019

Kreatif, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajari Anak-Anak Perbatasan Manfaatkan Barang Limbah


Pendam IX/Udayana
Senin, 28 Oktober 2019

Belu - Saat memberikan bantuan baju layak pakai dan buku untuk belajar, personel Pos Dafala Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ juga mengajarkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa untuk memanfaaatkan barang limbah menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual di Desa Dafala, Kec. Tasifeto, Kab. Belu, pada Minggu (27/10/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Serda Surbakti bersama 4 orang personel lainnya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, 2 orang personel kesehatan disiagakan dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada saat musim kemarau air sangat sulit untuk didapatkan, banyak masyarakat yang menggunakan air kemasan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, faktor lain masyarakat mengkonsumsi air kemasan karena kondisi air di Kabupaten Belu mengandung zat kapur yang tinggi, sehingga terdapat banyak botol bekas air mineral ditemukan.

Tidak hanya itu saja, di Kabupaten Belu juga banyak terdapat pengrajin kayu olahan pohon jati yang menghasilkan limbah dari pembuatan berbagai jenis barang seperti daun pintu, jendela, kursi, lemari dan tempat tidur.

Personel Pos Dafala memberikan ilmu kepada anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa untuk memanfaatkan botol bekas air mineral menjadi pot gantung dalam pembuatan taman dan memanfaatkan limbah hasil olahan kayu menjadi lukisan-lukisan yang memiliki nilai jual, diharapkan dengan kegiatan ini generasi Bangsa dapat membuat kreatifitas menggunakan bahan baku yang banyak terdapat di daerah mereka.

Titus (10) salah satu peserta kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan baju, buku dan ilmu yang telah diberikan personel Pos Damar.

"Saya dan teman-teman mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan baju, buku dan ilmu untuk membuat kerajinan tangan, kami juga akan mulai mengumpulkan botol bekas untuk membuat taman di rumah dan mencari kotoran kayu untuk membuat lukisan," ungkapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar