Rabu, 30 Oktober 2019

Rubah Tomat Menjadi Keripik, TNI Berikan Solusi Untuk Ekonomi Warga di Tapal Batas


Pendam IX/Udayana
Rabu, 30 Oktober 2019

Belu - Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Lahorus, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, melalui pemanfaatan hasil kebun yaitu buah tomat untuk diolah menjadi keripik.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, Rabu (30/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lahorus, personel Pos Mahen melihat daerah ini terkenal dengan tomatnya yang unik dan begitu banyak di kebun-kebun warga, adapun keunikan tomat tersebut adalah hanya bisa di tanam di Kec. Lasiolat khususnya Desa Lahorus, maka dari itu disebut tomat Lahorus.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa mata pencaharian masyarakat Desa Lahorus adalah bertani, sehingga personel Pos Mahen berinisiatif untuk mengajak masyarakat dalam memanfaatkan hasil kebun berupa buah tomat untuk diolah menjadi keripik tomat Lahorus," ungkapnya.

Selama ini, lanjut Dansatgas, masyarakat hanya mengunakannya untuk sayur dan pembuatan minuman Jus, tetapi personel Pos Mahen mencari alternatif lain yang dapat membantu memajukan perekonomian masyarakat, yaitu dengan membuat keripik tomat Lahorus.

Terpisah, Ibu Karen (48) merupakan warga Desa Lahorus mengungkapkan tanggapannya tentang buah tomat yang dapat menjadi kreasi makanan.

"Kami tidak menyadari kalau tomat bisa dibuat menjadi keripik, sungguh sangat kreatif bapak-bapak TNI," ungkapnya.

Ibu Maria (50) mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memperhatikan perekonomian masyarakat Desa Lahorus.

"Kami mengucapkan terima kasih dan hasil kebun yang ada akan kita kembangkan, agar perekonomian kami lebih maju lagi," ucapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar