Jumat, 06 Desember 2019

Akibat Angin Puting Beliung, Koramil Moyo Hulu Bersihan Puing Bangunan dan Perbaiki Rumah Warga


Pendam IX/Udayana
Jumat, 6 Desember 2019

Sumbawa - Hujan lebat yang diikuti angin kencang di wilayah Kabupaten Sumbawa berdampak terhadap munculnya bencana angin puting beliung di daerah Kecamatan Moyo Hulu, Desa Margakarya dan Desa Sebasang. Akibatnya beberapa rumah warga mengalami kerusakan.

Melihat kondisi tersebut, Koramil 08/Moyo Hulu bersama Muspika Kecamatan Moyo Hulu serta masyarakat di Desa Margakarya dan Desa Sebasang melaksanakan karya bhakti membersihan puing-puing bangunan dan memperbaiki rumah warga yang rusak pasca bencana alam angin puting beliung pada Kamis (05/12/19).

Koramil 08/Moyo Hulu turun membantu masyarakat yang langsung dipimpin oleh Danramil 08/Moyo Hulu Kapten Inf Triono B.W serta seluruh Babinsa Koramil 08/Moyo Hulu bahu membahu mengangkat puing-puing bangunan yang rusak akibat angin puting beliung.

Adapun nama masyarakat yang bangunan dan atap rumahnya rusak terhempas bencana angin puting beliung di Dusun Sebasang Untir Desa Margakarya antara lain : Hasanuddin (35), Kamaruddin (33), Nurdin M. Tahir (43), M. Tahir (60), Suharyaddin (32) dan 1 fasilitas umum yaitu Panggung Seni Budaya. Sedangkan di Desa Sebasang antara lain Abdul Azis (48), Kamaluddin (80), Redy Yudiansyah (28) dan Arifin N. Zen (55).

Akibat bencana alam angin puting beliung tersebut terdapat korban luka patah tulang bahu sebelah kiri di Dusun Sebasang Untir Desa Margakarya yaitu Yulianti (40).

Danramil 08/Moyo Hulu Kapten Inf Triono B.W mengatakan, “Sasaran karya bhakti pasca bencana angin puting beliung adalah pembersihan rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Dusun Sebasang Untir sebanyak 5 rumah dan 1 fasilitas umum. Sedangkan di Desa Sebasang sebanyak 4 rumah”, ungkap Danramil.

Danramil 08/Moyo Hulu menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI dalam rangka membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat, juga merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) yang menjadi tugas Pokok Satuan Teritorial.

Dilain tempat, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc menjelaskan bahwa terkait bencana angin puting beliung yang terjadi dibeberapa wilayah binaan Kodim 1607/Sumbawa, telah menekankan kepada Koramil Jajaran yang wilayahnya terkena bencana alam segera melakukan bantuan kepada warga semaksimal mungkin.

Ditambahkan Dandim lulusan Akmil 2000 tersebut, bahwa kegiatan yang dilaksanakan dengan bergotong-royong antara Koramil bersama Muspika dan perangkat Desa, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang terkena bencana.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap bencana alam serta wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan bergotong - royong pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan dapat segera ditempati”, pungkas Dandim. (Kodim 1607/Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar