Jumat, 13 Desember 2019

Bakti Sosial di Daerah Perbatasan, Satgas Yonif R 142/KJ Santuni Warga Lanjut Usia


Pendam IX/Udayana
Jumat, 13 Desember 2019

Belu - Kepedulian terhadap warga lanjut usia (Lansia), personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan santunan kepada warga masyarakat berusia lanjut yang berada di Dusun Fomoku, Desa Sisifatuberal, Kec. Lamaknen Selatan, Kab. Belu.

"Kegiatan ini dilaksanakan berkat inisiatif Danpos Fohululik yaitu Sertu Ediyanto Simangunsong, untuk meningkatkan kepedulian terhadap lansia yang berada di wilayah desa binaan," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Serda Pernando J Saputra selaku Wadanpos Fohululik bersama 6 orang personel lainnya.

Lansia (lanjut usia) merupakan suatu tahap lanjut dari proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan berbagai organ, fungsi dan sistem tubuh secara alamiah atau fisiologis agar mampu beradaptasi dengan stres lingkungan, tanda proses menua umumnya mulai tampak sejak usia 45 tahun dan akan menimbulkan permasalahan pada umur sekitar 60 tahun.

"Dengan kegiatan ini, kami dari Satgas Yonif R 142/KJ berharap kita dapat meningkatkan kepedulian terhadap lansia yang berada di wilayah perbatasan, karena untuk mencapai masa penuaan yang sehat diperlukan upaya peningkatan (promotion) kesehatan, pencegah penyakit (prevention), pengobatan penyakit (curative) dan pemulihan kesehatan (rehabilitation), sehingga upaya pencegahan harus diutamakan," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Personel Pos Fohululik memberikan santunan berupa susu dan biskuit, hal ini dikarenakan memiliki beberapa manfaat yaitu untuk menjaga tekanan darah, mempertahankan kepadatan tulang, menjaga kesehatan otak dan meningkatkan masa otot sehingga bagus untuk menjaga pola hidup masyarakat perbatasan yang sudah berusia lanjut.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian personel Satgas Yonif R 142/KJ yang bertugas di daerah perbatasan, sehingga keberadaan mereka ditengah-tengah masyarakat perbatasan, khususnya sekitar desa binaan dapat dirasakan secara langsung dalam menjalin hubungan tali silaturahmi," imbuh Dansatgas.

Bapak Yoseph Bau Momen salah satu lansia yang memiliki umur cukup panjang yaitu 120 tahun, beliau merupakan salah satu warga desa binaan Pos Fohululik dengan kondisi yang masih sehat, hal ini menjadi perhatian khusus personel Satgas Yonif R 142/KJ dalam memberikan contoh kepada warga masyarakat lain untuk selalu menjaga dan merawat pola hidup sehat.

Acara ini dihadiri oleh masyarakat yang berumur lanjut usia sebanyak 25 orang, rata-rata warga masyarakat tersebut telah berumur 80 tahun ke atas, dalam rangkaian kegiatan terlihat mereka sangat berantusias untuk hadir dalam acara tersebut.

Terpisah, Ibu Selestina Olo (82) salah satu lansia di daerah desa binaan Pos Fohululik mengucapkan rasa terima kasih kepadaSatgas Yonif R 142/KJ yang telah peduli dengan lansia yang berada di perbatasan.

"Bapak TNI, kami warga perbatasan yang sudah berusia lanjut mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI yang sudah memperhatikan kami kami, dan kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut," ungkapnya.

Bpk.Yanuarius Loi (58) selaku Kepala Dusun Fomoku menggucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Saya selaku Kepala Dusun Fomoku mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak TNI yang telah meluangkan waktu untuk menyelenggarakan acara ini, kami berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan agar masyarakat lansia mendapatkan perhatian khusus," harapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar