Kamis, 19 Desember 2019

Korem 162/WB Gelar Upacara HUT Ke 71 Infanteri TNI AD di Dompu



Pendam IX/Udayana
Kamis, 19 Desember 2019

Dompu - Puncak acara tradisi Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wwasthu Pramuka Jaya di wilayah Korem 162/WB ditandai dengan upacara peringatan HUT Ke 71 Infanteri TNI AD di halaman Kantor Bupati Dompu dengan Inspektur Upacara Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Kamis (19/12). 

Komandan Pusat Kesenjataan Infateri (Danpussenif) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 162/WB menyampaikan salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948, dimana pada saat itu Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat Nomor : 1/PB/D/1948 dan menjalankan perintah siasat Nomor : 1/1948 tanggal 12 Juni 1948, dengan melaksanakan perang rakyat semesta.

Pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (infiltrasi) denan cara long march kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sabagai titik-titik kuat pertempuran gerilya.

"Dari peristiwa tersebut kita mendapat nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan profesionalisme Keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap Prajurit Infanteri sesuai dengan tema Bersama Rakyat Infanteri Kuat," paparnya.

Tema tersebut, lanjut Danpussenif, mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat Prajurit dan satuan Infanteri yang tangguh, profesional, modern serta memancarkan semangat untuk senantiasa memperkokoh kemanunggalam TNI dengan rakyat.

Dijelaskannya, tantangan tugas kedepan semakin kompleks dan dinamis, respon dalam menyikapinya yakni melakukan realisasi secara bertahap dengan melakukan tranformasi dan modernisasi Alutsista Infanteri untuk memberikan semangat baru.

"Mari kita mantapkan langkah guna mewujudkan Infanteri yang maju, modern dan berkelas dunia dengan berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

Upacara peringatan Hari Infanteri juga dihadiri Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin., para Dandim jajaran Korem, para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Persit KCK serta masyarakat setempat yang antusias ikut meramaikan jalannya tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar