Kamis, 26 Desember 2019

Satgas Yonif R 142/KJ Dukung Kegiatan Pramuka dengan Perkenalkan Pilar Batas Negara


Pendam IX/Udayana
Kamis, 26 Desember 2019

Belu - Personel Pos Lookeu Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ dalam rangka mendukung kegiatan perkemahan Bela Negara dengan melakukan penjelajahan batas wilayah, pengenalan Pilar Batas Negara (PBN) serta melaksanakan penanaman pohon di Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Kegiatan ini dalam rangka pengenalan Pilar Batas Negara (PBN) serta sekaligus melaksanakan penanaman pohon di sekitar pilar batas yang  dilakukan oleh sekitar 157 orang peserta dan 15 orang pembina pada kegiatan kemah Bela Negara di perbatasan.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapten Inf Nurmansyah selaku Komandan Kompi Tempur (Dankipur) tiga bersama 8 orang personel Pos Lookeu.

"Hal ini kita berikan kepada kemah bela negara selaku generasi muda penerus Bangsa mengetahui wilayah batas Negara Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste," jelasnya lebih lanjut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta kemah tentang karakteristik bentuk batas Negara yang berupa CBDRF (Common Border Datum Reference Frame), BSP (Border Sign Post) dan PBN (Pilar Batas Negara), dan menambah wawasan serta pengetahuan peserta kemah tentang sanksi bagi pelaku pelintas batas illegal sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Kami juga memotivasi kepada generasi penerus Bangsa agar lebih cinta terhadap lingkungan dengan cara melakasanakan penanaman pohon secara bersama-sama," paparnya lebih lanjut.

Terpisah, Ibu Agustina (37) selaku pelatih dan pembina dalam kegiatan kemah Bela Negara mengungkapkan rasa senang atas partisipasi dari pihak Satgas Yonif R 142/KJ.

"Kami mengungkapkan rasa senang atas partisipasi dari bapak TNI yang telah memberikan ilmu pengetahuan pada kegiatan kami, untuk kedepannya semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan terus menerus sehingga adik-adik selaku generasi penerus Bangsa dapat mengetahui tentang jenis batas wilayah NKRI dan sanksi bagi pelintas batas illegal," ungkapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar