Jumat, 13 Desember 2019

Ziarah Rombongan ke TMP Pancaka Tirta, Ungkapkan Rasa Bakti dan Hormat di Hari Juang TNI AD


Pendam IX/Udayana
Jumat, 13 Desember 2019

Tabanan - Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, yang terletak di  Kabupaten Tabanan ini didirikan pada Selasa, 29 Agustus 1950 dan memiliki luas mencapai 3 hektar. Dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan ini, pengunjung dapat mengungkapkan rasa bakti dan hormat kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk membela Tanah Air Indonesia.

Sebagai ungkapan rasa bakti dan hormat kepada para kusuma Bangsa tersebut, bertepatan dengan rangkaian Peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2019 yang jatuh pada Minggu (15/12) mendatang, Kodam IX/Udayana melaksanakan Ziarah Rombongan ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan, pada Kamis (12/12/2019) pagi tadi.

Dipimpin langsung oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Ziarah Rombongan ini diikuti oleh sekitar 300 orang personel yang terdiri dari Peleton Gabungan Pamen Jajaran Kodam IX/Udy, Peleton Pama Jajaran Kodam IX/Udy, Peleton Korps Wanita TNI AD (KOWAD), Kompi gabungan Bintara/Tamtama Jajaran Kodam IX/Udy Se-Garnisun Denpasar, Peleton Satsikmil Ajendam IX/Udy, Peleton Korpri Putra dan Putri Jajaran Kodam IX/Udy dan Peleton Persit KCK PD  IX/Udy.

Acara diawali dengan Penghormatan kepada arwah Para Pahlawan dan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Kasdam IX/Udayana selaku Pimpinan Rombongan. Selanjutnya, meletakkan karangan bunga pada Candi Induk dilanjutkan dengan melaksanakan tabur bunga diikuti oleh para pejabat dan peserta Ziarah Rombongan di seluruh pusara para Pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta.

Disela-sela acara, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., mengungkapkan bahwa Ziarah Rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019 ini, merupakan momentum yang sangat tepat untuk memberikan penghormatan sekaligus mengenang jasa-jasa para  Pahlawan yang  telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan NKRI.

"Maka sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita, serta sekaligus memohon restu untuk mewarisi jiwa patriotisme dan kepahlawanan beliau guna melanjutkan perjuangannya," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Kapendam, Ziarah Rombongan ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendharma bhaktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran jiwa Bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang hadir antara lain Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udy, Para Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, dan pengurus Persit KCK PD IX/Udayana.  (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar