Kamis, 30 Januari 2020

Atasi Rasa Rindu Dengan Keluarga, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif Raider 142/KJ


Pendam IX/Udayana
Kamis, 30 Januari 2020

Belu - Dalam rangka meningkatkan kedekatan bersama warga masyarakat di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ berbagi kebahagiaan dengan bercanda, memberikan pengetahuan tentang pola hidup sehat hingga bemain bersama anak-anak.

Dalam melaksanakan tugas utama berupa pengamanan wilayah perbatasan dan tugas Binter Satnonkowil, terkadang personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dihantui rasa rindu terhadap anggota keluarga mereka yang berada di tempat asal.

Berbagai cara positif dilakukan untuk menghilangkan rasa-rasa yang menghantui tersebut, mulai dari kegiatan berkebun, beternak, menghubungi keluarga melalui jaringan telekomunikasi yang tersedia, hingga mengajak anak-anak yang berada di sekitar pos untuk bermain bersama dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang perkembangan zaman dan teknologi.

Personel Pos Silawan Satgas Yonif R 142/KJ yang berada di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur berinisiatif untuk mengajak anak-anak dalam berbagi kebahagiaan melalui bercanda, bermain bersama dan memberikan pengetahuan agar mereka menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Semua kegiatan ini merupakan hal-hal positif yang dilakukan oleh personel kami yang berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat untuk menjalin tali silaturahmi, persaudaraan dan kekeluargaan. Sekaligus juga menghibur diri guna menghilangkan rasa rindu mereka terhadap keluarga yang ditinggalkan di daerah asal," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Tidak bisa kita pungkiri, kami manusia biasa dan rasa itu pasti menghantui setiap manusia, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya dengan melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi orang lain," paparnya.

Kegiatan di Pos Silawan ini sendiri dipimpin langsung oleh Serda Binsar selaku Wadanpos Silawan bersama 5 orang personel Pos Silawan lainnya serta sekitar 10 orang anak-anak yang berada di Desa Silawan.

"Anak-anak ini biasa bermain di sekitar pos personel kami yang berada di Desa Silawan, sehingga mereka tidak merasa canggung untuk bermain bersama personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ" jelasnya.

Selain bercanda dan bermain bersama, personel Pos Silawan juga menyisipkan ilmu pengetahuan tentang pola hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti memotong kuku dan mengunting rambut.

"Saya berharap, apa yang diberikan personel kami kepada anak-anak di sekitar Pos Silawan dapat diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan berguna bagi anak-anak tersebut nantinya, karena mereka adalah generesi penerus Bangsa yang akan mengisi kemerdekaan di kemudian hari nanti," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua.

Terlihat suasana senang dan gembira diraut wajah anak-anak tersebut saat bermain bersama personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dan terlihat juga rasa ingin tahu dari wajah mereka saat personel Pos Silawan memberikan pengetahuan tentang pola hidup sehat kepada anak-anak di Desa Silawan.

Disela-sela perbincangan, Luis Berek (7) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Silawan yang membantu memotong kuku dan memberikan pengetahuan tentang menjaga pola hidup sehat kepada mereka.

"Terima kasih bapak TNI karena sudah bantu dan ajarkan kami memotong kuku, saya senang bapak TNI ada disini, suka bantu kami dan ajak kami bermain dan belajar," ucapnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Mama Maria (43) salah satu orang tua dari salah seorang anak menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian personel Pos Silawan kepada anak-anak mereka, tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga bermain bersama anak-anaknya.

"Saya mewakili warga masyarakat Desa Silawan mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan banyak bantuan, ilmu pengetahuan, bermain serta kegiatan positif lainnya untuk desa kami, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan YME," ungkapnya.

Terpisah, Letda Inf Muh. Zandra selaku Danpos Silawan menyampaikan tanggapannya atas kegiatan yang dilakukan personelnya bersama anak-anak yang berada di Desa Silawan.

"Melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini semoga dapat menepis rasa rindu personel kami terhadap keluarga mereka di daerah asal, anak-anak dan masyarakat Nusa Tenggara Timur adalah saudara kami yang selalu ada saat pelaksanaan penugasan," ungkapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

1 komentar:

  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D

    BalasHapus