Jumat, 31 Januari 2020

Buka Lahan Untuk Tanam Cabai, Satgas Yonif Raider 142/KJ Gandeng Masyarakat Perbatasan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 31 Januari 2020

Belu - Memasuki musim penghujan, personel Pos Nunura Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan pengolahan lahan perkebunan cabai bersama masyarakat Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, guna meningkatkan semangat warga dalam bercocok tanam.

Musim penghujan merupakan musim tanaman palawija yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Desa Tohe, sehingga personel Pos Nunura berinisiatif untuk membantu mengolah kebun cabai milik warga guna mendukung ketahanan pangan masyarakat di daerah perbatasan.

Kegiatan ini mendapat respon positif di lingkungan masyarakat Desa Tohe, karena dengan adanya kehadiran personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, warga merasa sangat senang dan terbantu dalam kegiatan pengolahan areal perkebunan.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan Karya Bakti mengolah perkebunan cabai tersebut dipimpin langsung oleh Serda Irwanto selaku Wadanpos Nunura dan 4 orang personel Pos Nunura lainnya bersama warga Desa Tohe.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih mempererat hubungan tali silaturahmi bersama warga masyarakat yang berada di wilayah perbatasan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat dapat lebih kokoh di tapal batas," tegasnya.

Kegiatan Karya Bakti berupa pengolahan kebun cabai dilakukan karena mayoritas kehidupan warga bergantung pada sektor pertanian khususnya cabai, jagung dan lainya, sehingga sumber ini merupakan penghasilan terbesar bagi masyarakat di wilayah Desa Tohe.

"Musim penghujan sangat dimanfaatkan oleh warga Desa Tohe, melalui kegiatan ini diharapkan pada masa panen nanti akan mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan, sehingga masyarakat di wilayah perbatasan dapat lebih sejahtera," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Bapak Antonio Santos Mau (56) merupakan salah seorang warga setempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, karena telah membuktikan kepedulian terhadap masyarakat Desa Tohe melalui kegiatan pengolahan perkebunan secara bersama-sama.

"Saya mewakili masyarakat Desa Tohe mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu kami dalam pelaksanaan pengolahan kebun cabai ini, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa disetiap pelaksanaan tugasnya," ucap Bapak Antonio. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar