Selasa, 28 Januari 2020

Gali Potensi Kemandirian, Satgas Yonif Raider 142/KJ Beri Pelatihan Kerajinan Tangan di Desa Tulakadi


Pendam IX/Udayana
Selasa, 28 Januari 2020

Belu - Dalam rangka menggali potensi kemandirian warga mayarakat di wilayah perbatasan, personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelatihan kerajinan tangan kepada warga Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa pelatihan kerajinan tangan ini diberikan oleh personel Pos Salore kepada warga masyarakat perbatasan khususnya kaum ibu-ibu yang berada di Desa Tulakadi, dan bertujuan untuk menggali kemampuan yang mereka miliki, sekaligus membekali mereka dengan keterampilan karya seni.

"Pelatihan yang kita gelar bertujuan agar mereka dapat mengasah kemampuan dan bakat yang ada pada diri tiap individu, khususnya kerajinan karya tangan," ungkapnya.

Sebelum digelar kegiatan pelatihan kerajinan tangan dengan memanfaatkan daun lontar tersebut, personel Pos Salore menunjukkan lebih dulu hasil karya seni yangbtelah dibuat sebelumnya oleh personel Pos Salore.

"Personel kami menunjukkan terlebih dahulu hasil karya seni yang mereka buat sebelum pelaksanaan pelatihan, hal ini dimaksudkan agar warga masyarakat memiliki motivasi dan keyakinan dalam mengikuti kegiatan tersebut," tuturnya.

Berbagai macam hasil karya seni kerajinan tangan dipamerkan dalam pelaksanaan kegiatan ini, salah satunya adalah kotak tempat meletakkan daun sirih dan tas berbahan dasar daun lontar.

"Melalui metode seperti ini diharapkan dapat menambah semangat dan keinginan warga masyarakat Desa Tulakadi untuk mempelajari dan mengembangkan hasil kerajinan tangan berbahan baku daun lontar ini," tuturnya lebih lanjut.

Melalui kegiatan melatih kreativitas warga masyarakat di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di daerah perbatasan.

"Pelatihan kerajinan tangan tersebut tidak hanya diberikan kepada kaum ibu di Desa Tulakadi, tetapi personel kami yang berada di Pos Salore juga memberikan pelatihan seperti ini kepada anak-anak yang berada di sekitar pos mereka, sehingga kami mengharapkan seluruh warga masyarakat dapat memanfaatkan pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan," imbuhnya.

Disela-sela kegiatan pelatihan, Ibu Fransisca (46) meeupakan salah seorang peserta pelatihan mengucapkan banyak terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Salore atas pelatihan yang diberikan kepada mereka yang berada di Desa Tulakadi perbatasan RI-RDTL.

"Pembuatan kerajinan ini lumayan sulit namun kami sangat menikmatinya karena langsung dibimbing Bapak TNI. Semoga apa yang dilatihkan kepada kami dapat bermanfaat bagi kemajuan Desa Tulakadi," ungkapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar