Jumat, 25 Desember 2020

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Tegakkan Disiplin Prokes di Masa Pandemi Covid-19



Belu - Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di masa Pandemi saat ini, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB secara serentak melaksanakan kegiatan preventif Pendisiplinan Protokol Kesehatan di beberapa tempat baik di internal Satgas maupun di lingkungan masyarakat yang menjadi sektor wilayah binaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/12/2020).

Dikatakannya, Pendisiplinan Protokol Kesehatan kali ini bagi personel TNI dilakukan di internal Satgas di jajaran Mako Satgas, Kipur 1, Kipur 2 dan Kipur 3, sedangkan untuk pendisiplinan di lingkungan masyarakat dilakukan di Supermarket Jabal Mart, Gereja-Gereja dan Sweeping di jalan raya.

Adapun pendisiplinan Protokol Kesehatan yang kita laksanakan yakni pengecekan suhu tubuh dengan Thermometer Gun Digital, mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer, disiplin bermasker, jaga jarak (Phsycal Distancing), penyemprotan Desinfektan dan melaksanakan sweeping penegakan disiplin Protokol Kesehatan di jalan raya.

"Untuk penegakan disiplin Protokol Kesehatan di Gereja seperti pada kegiatan Ibadah Misa di Gereja Paroki St Maria Bunda Penebus Umanen Fatuketi Atambua, Tim Kes Satgas Yonif RK 744/SYB dibantu oleh Ibu Mimin (33) dari tim Puskesmas Umanen dan bapak Ishak Freitas (30) dari Dinkes Kabupaten Belu yang rutin hadir di setiap kegiatan Ibadah. Terhadap personel TNI dari Satgas yang akan dan selesai melaksanakan dinas luar, kami wajibkan melaksanakan Rapid Test sebagai langkah preventif dari tertularnya virus Covid-19," ungkap Dansatgas.

Khusus kepada masyarakat yang tidak membawa dan menggunakan masker, kami berikan masker secara gratis dimana tujuannya agar masyarakat sadar untuk lebih disiplin dalam penggunaan masker di masa pandemi saat ini.

Sementara itu, Ishak Freitas (30) Staff Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes Belu mengatakan, sangat mendukung dan mengapresiasi atas kerjasama TNI dari Satgas Yonif RK 744/SYB dalam penegakan protokol kesehatan dan berharap hal tersebut dapat terus dilaksanakan sehingga Indonesia dapat kembali pulih dan bebas dari kondisi pandemi saat ini.

Dansatgas berharap, semoga melalui kegiatan penegakan disiplin Protokol Kesehatan tersebut mampu meningkatkan kesadaran dan disiplin akan kesehatan seluruh lapisan masyarakat sehingga tujuan akhir dalam mendukung program pemerintah yakni memutus rantai penyebaran Covid-19 dapat berjalan sukses dan Indonesia bisa kembali terbebas dari belenggu Virus Covid-19 yang hingga kini masih menjadi ancaman serius di seluruh belahan dunia. (Satgas Yonif RK 744/SYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar