Selasa, 01 Desember 2015

Kodim 1624/Flotim Selenggarakan Apel Danramil dan Babinsa


Pendam IX/Udayana
1 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1624/Flotim menyelenggarakan Apel Danramil dan Babinsa selama tiga hari dari tanggal 1sampai 3 Desember 2015 yang upacara pembukaannya dilaksanakan, Senin (1/12) di Lapangan Apel Makodim 1624/Flotim.

Seperti apa yang dilaporkan oleh Pasiter Kodim 1624/Flotim, Kapten Arm Edy, Apel Danramil dan  Babinsa Tahun Anggaran 2015 ini dilaksanakan tersebar di masing-masing Kodim, sementara di Kodim Flotim peserta apel ini seluruhnya berjumlah 58 orang dengan rincian, Danramil 5 orang, Babinsa 43 orang serta 10 orang sebagai pendukung kegiatan ini.

Sementara, Dandim 1624/Flotim dalam arahannya saat membuka Apel Danramil dan Babinsa ini mengatakan acara seperti ini menjadi sangat penting sebagai wahana untuk saling berbagi informasi dan penyampaian beberapa hal yang menjadi penekanan dari Komando Atas sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Apel Danrem dan Dandim Terpusat yang dilaksanakan beberapa minggu lalu di Magelang.

Isue terangat saat ini adalah masalah gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab seperti teror yang terjadi di Paris Prancis yang diakui dilakukan oleh kelompok ISIS yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa. Hal seperti ini mungkin saja terjadi di wilayah kita. Termasuk terjadinya konflik-konflik antar masyarakat yang juga mengganggu stabilitas dan keamanan wilayah.

Lebih khusus lagi, juga ditambahkan agar selalu memonitor setiap perkembangan situasi terkini di Adonara, laksanakan pendekatan-pendekatan persuasif kepada kelompok masyarakat, terutama masyarakat Dusun Riang Bunga dan Dusun Lewonara di Kec. Adonara Timur.

Laksanakan patroli dan pengawasan dengan monitor setiap obyek strategis seperti pelabuhan dan bandara maupun kemungkinan pintu masuk lainnya guna mewaspadai masuknya orang-orang yang diduga menghendaki terjadinya konflik sosial di  wilayah Kodim 1624/Flotim.

Untuk itu Babinsa sebagai ujung tombak di lapangan, harus selalu menerapkan lima kemampuan teritorial dan sikap teritorial dalam melaksanakan tugas di lapangan, bangun komunikasi dan koordinasi dengan mitra Babinsa di lapangan, sehingga setiap perkembangan situasi terkini di wilayah dapat selalu dimonitor dan dilaporkan ke Komando Atas secepat mungkin.

Dengan alokasi waktu selama tiga hari ini peserta akan mendapatkan pembekalan dari Dandim, Kasdim, Pasiter dan juga dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur yang secara khusus dihadirkan terkait dengan program upaya khusus swasembada pangan yang saat ini lagi gencar-gencarnya dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar