Jumat, 11 Desember 2015

Rangkaian Hari Ibu Laksanakan Peremajaan Terumbu Karang


Pendam IX/Udayana
11 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Sesmen Pemberdayaan Perempuan bersama Danrem 161/WS dan Para Pejabat yang ada di Prov. NTT menghadiri acara yang digelar oleh organisasi perempuan  atau wanita yang tergabung dalam Kowani melaksanakan peremajaan terumbu karang, dengan menanam bibitan baru terumbu karang dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan  Sosial Nasional dan Hari Ibu Tahun  2015, Jumat (11/12) di Lantamal VII Kupang.

Kegiatan yang bertemakan "Aksi Perempuan Selamatkan Terumbu Karang" ini melibatkan Ketua Umum Kowani Pusat, Sesmen Pemberdayaan Perempuan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Ibu dan  Anak (BPPPIA)  Provinsi NTT,  Ketua Dharma Pertiwi Daerah NTT, Ketua Persit KCK, Jalesnastri, Pia Ardiagarini, Bhayangkari Polda NTT dan banyak lagi tokoh lainnya dari beberapa organisasi perempuan di Kupang.

Pada kesempatan ini ratusan ibu-ibu yang tergabung dalam berbagai organisasi perempuan baik instansi sipil maupun militer menyaksikan dan mempraktekan secara langsung proses peremajaan terumbu karang tersebut. Dengan dipandu oleh seorang instruktur, ibu-ibu berkesempatan mempraktekan pembuatan Substrak yaitu suatu media dari coran beton dan besi atau logam yang berbentuk segi empat. Media ini yang digunakan untuk menempatkan bibitan terumbu karang yang sudah diikat atau dirangkai sedemikian rupa pada Substrak tersebut. Setelah selesai diikat atau dirangkai dalam Substrak ini maka terumbu karang tersebut siap ditanam di dasar laut.

Seperti disampaikan oleh Ketua Umum Kowani, kegiatan ini sepenuhnya untuk memberdayakan kemampuan kaum ibu atau perempuan. Hal ini bisa dilihat pada semua rangkaian praktek yang dilakukan mulai dari membuat Substrak sampai terumbu karang tersebut siap ditanam dilakukan oleh ibu-ibu. Hebatnya lagi saat penanaman di dasar laut, juga dilakukan oleh ibu-ibu sendiri. Harapanya terumbu karang ini akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang layak yang setelah tumbuh akan menjadi tempat hidupnya ikan. Kemudian ikan yang hidup sehat tersebut akan menjadi konsumsi berprotein bagi manusia.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan ramah tamah yang bertempat di Aula Lantamal VII Kupang yang juga dihadiri oleh Sesmen Pemberdayaan Perempuan Bapak Wahyu Hartomo, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., Danlantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso, Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya dan beberapa undangan lainnya yang mengapresiasi penuh inisiatif dan kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu ini. Selamat menyongsong Hari Ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar