Minggu, 06 Desember 2015

Tim Gabungan Gelar Operasi KTP


Pendam IX/Udayana
6 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Tim gabungan yang terdiri dari Detasemen Polisi Militer IX/1 Kupang, Dinas Kependudukan Kota Kupang, Polresta Kupang dan Satpol PP Pemkot Kupang menggelar operasi KTP selama dua hari berturut-turut, tanggal 4 dan 5 Desember 2015 di Kupang, NTT.

Beberapa tempat yang menjadi sasaran kegiatan ini, antara lain di Jalan WJ. Lalamentik, penginapan yang ada di sekitar kota Kupang, termasuk juga di pelabuhan Tenau.

Operasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan Kota Kupang Boy Benu yang pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh tim gabungan ini adalah untuk merazia dan menertibkan penduduk pendatang yang hadir di Kota Kupang dan sekitarnya yang tidak dilengkapi dengan administrasi kependudukan, seperti KTP. Untuk itu maka perlu menertibkan mereka yang hadir tanpa identitas yang jelas, tegasnya.

Sementara Dandenpom IX/1 Kupang, Letkol Cpm  Suwondo yang didampingi oleh Kapten Cpm Suwito, mengatakan dalam kegiatan ini kita bersinergi dan bekerjasama dengan instansi lain seperti Dispenduk, Polisi dan Pol PP untuk menggelar razia ini. Kita tidak mau kecolongan oleh hal-hal sepele, terlebih Komando Atas dalam sebulan terakhir ini menekankan untuk melaksanakan patroli untuk mencegah adanya kemungkinan gangguan yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kita juga mengecek para pendatang yang baru merapat di Kupang melalui angkutan laut di pelabuhan Tenau. Anggota Denpom bersama personel satuan lain memeriksa secara intensif kedatangan para penumpang. Siapa tahu ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti pengikut atau simpatisan radikal ISIS yang ingin menyusup ke wilayah Kupang, yang mungkin saja punya keinginan untuk membuat gangguan atau ketidaknyamanan masyarakat.

Sejauh ini keadaan masih aman dan kondusif, tetapi kewaspadaan harus terus ditingkatkan, serta kegiatan patroli gabungan akan terus dilaksanakan secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar