Minggu, 07 Februari 2016

Korem 161/Wira Sakti: Gelar Acara Penerimaan Satgas Pam Pulau Terluar.


Pendam IX/Udayana
7 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyomn Budiarta

Korem 161/Wira Sakti menyelenggarakan acara penerimaan Satgas Pengamanan Pulau Terluar Yonif 744/SYB dan Yonif 1 Marinir, Jumat (05/02) di Lantamal VII Kupang.

Kedua satuan tersebut akan menggantikan satuan sebelumnya Yonif 743/PSY dan Yonif 5 Marinir yang saat ini bertugas menjaga dua pulau terluar di wilayah NTT yaitu Pulau Batek dan Pulau Ndana Rote. Satuan tugas ini berkekuatan 60 personel dengan rincian, Yonif 744/PSY sebanyak 26 personel dan Yonif 1 Marinir sebanyak 34 personel. Personel Satgas ini akan bertugas secara gabungan dan dibagi menjadi dua Satuan Setingkat Pleton (SST) yang bertugas di Pulau Batek dan Ndana Rote.

Jumlah personel yang ditempatkan di Pulau Batek sebanyak 26 personel, terdiri dari 16 personel Yonif 744/SYB dan 10 personel Yonif 1 Marinir. Sedangkan, jumlah personel yang ditempatkan di Pos Pengamanan Pulau Ndana Rote sejumlah 34 personel yang terdiri dari 24 personel Yonif 1 Marinir dan 10 personel Yonif 744/SYB. Dalam sambutannya, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang dibacakan oleh Kasrem, Kolonel Inf Gregorius Suharso mengatakan, melaksanakan tugas pengamanan pulau terluar menjadi salah satu tugas penting dalam menjaga dan mempertahankan wilayah NKRI.

Setiap prajurit yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas sebagai Satgas Pam Pulau Terluar harus mampu melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab selama kurang lebih sembilan bulan. Menurut Danrem tidaklah mudah melaksanakan tugas di pulau terluar dan terpencil karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari kondisi alam, keterbatasan akses dan fasilitas, terlebih adalah bagaimana melawan rasa bosan atau tidak betah. Untuk itu Danrem berpesan untuk menjaga kekompakkan, menghindari hal-hal yang dapat mengganggu soliditas, menghormati budaya masyarakat setempat, lakukan pembinaan teritorial melalui pemberdayaan masyarakat, sehingga dengan semangat optimis dan bersemangat maka tugas utama ini akan dapat dilaksanakan dengan baik yang akhirnya muara pada keberhasilan sebagai tolok ukurnya. Selesai acara penerimaan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kasi Operasi Korem 161/WS, Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.sos., yang diantaranya menyampaikan, setiap anggota Satgas harus menjamin keamanan pulau baik secara fisik dari gangguan alam seperti abrasi, serta terhadap adanya gangguan dari pengelolaan kawasan pantai dan laut dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Kemudian pentingnya untuk dapat berinteraksi secara positif terhadap lingkungan tugas, sehingga dengan dukungan lingkungan masyarakat setempat maka tugas yang kita laksanakan akan dapat dilaksanakan secara maksimak dan berhasil.

Sejumlah undangan hadir pada acara penerimaan ini, antara lain, Para Kasi Korem 161/WS., Danpomal Kupang, Kasbrigif 21/Komodo, Danyonif 744/SYB dan Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar