Senin, 21 Maret 2016

Kodim 1611/Badung Komsos Dengan Keluarga Besar TNI


Pendam IX/Udayana
21 Maret 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dandim 1611/Badung Letnan Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa S, S.H., disela-sela acara Komunikasi Sosial (Komsos) dengan keluarga besar TNI (KBT) menyampaiakan generasi muda 20 atau 35 tahun ke depan menjadi pemimpin bangsa. Oleh karena itu mereka harus cinta tanah air sejak dini, supaya terarah atau dalam koridor benar, Sabtu (19/3) di Aula Makodim 1611/Badung.

Generasi muda menjadi incaran pihak-pihak yang ingin menghancurkan masa depan bangsa. Paling menonjol saat ini adalah paham radikal, teroris dan narkoba. Oleh karena itu, generasi penerus bangsa ini mesti dirangkul supaya mampu membentengi dirinya.

Menurut Dandim, bila hal itu tidak dilakukan maka mereka akan mudah terpengaruh ideologi dan budaya asing yang bertentangan dengan budaya bangsa serta Pancasila. Termasuk paham-paham radikal dan teroris akan mudah menyusup ke kehidupan mereka. Disuguhkannya materi radikalisme dan teroris dalam kegiatan itu oleh AKP Purnamawati dari Polresta Denpasar, diharapkan mereka sadar dan bisa deteksi dini. Selain itu bisa memiliki naluri intelijen dan membantu tugas TNI dalam deteksi serta cegah dini. Dengan demikian mereka saat berada di masyarakat, misalnya ada hal mencurigakan segera lapor ke markas TNI terdekat.

Disamping itu diharapkan dengan kegiatan tersebut mampu mencegah berkembangnya paham radikal di masyarakat. Tempat-tempat tertentu dan permukiman penduduk pendatang (Duktang) sangat rawan penyusup. Oleh karena itu mereka diharapkan bisa peka dan bisa mencegahnya supaya tidak sampai berkembang.

“Kegiatan Komsos ini intensitasnya akan ditingkatkan lagi, baik formal dan non formal. Kedepan kita ke tempat mereka supaya ada yang terus mengingatkan mereka,” ujarnya. Komsos itu sendiri, lanjut Dandim 1611/Badung maksudnya untuk meningkatkan komunikasi antar KBT, menyampaikan informasi, aspirasi dan harapan terhadap TNI. Apalagi mereka yang paling sering bergaul dan terjun ke masyarakat, sehingga banyak dapat informasi terkait keberadaan TNI.

“Mungkin mereka dengar ada keluhan masyarakat dan segera disampaikan kepada kami. Kami pasti cepat meresponsnya,” kata Dandim 1611/Badung. Beliau memberikan materi tentang Kebijakan Kasad Bidang Teritorial Tahun 2016.

Sementara itu, pasiter Kodim 1611/Badung Kapten Inf I Made Mustika mengatakan kegiatan itu dihadiri peserta dari KBT Badung dan Denpasar, yaitu Persatuan Purnawirawan TNI - AD (PPAD), Pepabri, LVRI, Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), FKPPI, Pemuda Panca Marga (PPM) dan Persit KCK Cabang XXXIV Kodim 1611/Badung. “Jumlah pesertanya 150 orang. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun,” ujar Pasiter Kodim 1611/Badung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar