Kamis, 21 April 2016

Babinsa Harus Lebih Aktif Pengawal dan Memantau Pelaksanaan Serapan Gabah


Pendam IX/Udayana
21 April 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Tim Satgas Sergap Mabesad yang diketuai oleh Kolonel Inf Nefra memberikan pengarahan kepada Babinsa jajaran Kodim 1607/Sumbawa, Rabu (20/4) di Aula Makodim 1607/Sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Satgas Sergap Mabesad yaitu Kolonel Inf Nefra menyampaikan kepada seluruh Babinsa agar benar-benar  melakukan memantauan terhadap penyerapan gabah untuk wilayah Kodim 1607/Sumbawa sebanyak 130.000 ton sekala gabah yang harus di capai sampai pada akhir bulan Mei,  jika dihitung maka waktu yang tersisa kurang lebih 40 hari lagi. Selain itu Babinsa yang ada di wilayah Kodim 1607/Sumbawa diharapkan lebih giat lagi dalam hal penyerapan gabah yang dinilai dari pemetaan data yang akan panen. Ada beberapa  strategi-strategi yang dapat dilakukan oleh para Babinsa antara lain:

1. Para Babinsa harus mencari informasi mengenai lokasi panen kemudian segera memberikan info  tersebut  kepada pihak Bulog atau rekanan yang ada di wilayahnya selanjutnya  melaporkan kepada Posko Sergap.
2. Menutup pelabuhan penyeberangan yang membawa hasil panen (gabah) yang akan di bawa keluar daerah, dengan cara bekerjasama dengan instansi terkait.
3. Turut sertakan Insan Intelijen agar lebih aktif lagi dalam mengawal dan memantau pelaksanaan serapan gabah di wilayah dapat berjalan dengan lancar.

Dengan adanya kegiatan pengarahan tersebut diharapkan para Babinsa yang ada di jajaran Kodim 1607/Sumbawa dapat melaksanakan semua arahan yang telah disampaikan oleh Tim Satgas Sergap dari Mabesad, dengan demikian program peningkatan swasembada pangan khususnya untuk wilayah Sumbawa dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan penyerapan gabah secara langsung yang bertempat di sawah Desa Pungkit Kec. Moyo Utara Kab. Sumbawa oleh Bulog Sub Divre Sumbawa kepada Petani Desa Pungkit dengan harga GKP sesuai hpp Rp 3.700.-/kg yang diikuti oleh Tim Satgas Sergap dari Mabesad serta Kasdim 1607/Sumbawa.

Hadir dalam kegiatan pengarahan tersebut Kolonel Arh Zakariya, Kolonel  Inf Nefra S.T. M.M., Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Inf Abd Haris SH. M.H., dan Kasub Divre Kab. Sumbawa  H. M Syukani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar