Senin, 11 April 2016

CSIM “Meningkatkan Stabilitas Keamanan Dan Perdamaian Dunia”


Pendam IX/Udayana
11 April 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana MayjenTNI M. Setyo Sularso Mewakili Panglima TNI membuka secara resmi CSIM (Conseil International du Sport Militaire) Asia Meeting ke 4 Tahun 2016 yang diselenggarakan di Hotel Dicovery Kartika Plaza, Kabupaten Badung Bali.

CSIM merupakan organisasi militer dunia yang bergerak dibidang kegiatan social dan olahraga yang berkedudukan di Brussel Belgia dengan beranggotakan sebanyak 134 negara. CSIM melaksanakan Visinya yang utama untuk meningkatkan stabilitas keamanan dan perdamaian dunia melalui slogannya “Friendship Through sport” dan “Game For Peace” Indonesia telah menjadi anggota CSIM sejak 14 April 2010 yaitu menjadi anggota ke 133. CSIM Asia meeting memiliki nilai strategis bagi TNI dan bagi Indonesia berbagai manfaat bisa dipetik  dari kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai media diplomasi yang terbuka, untuk mempererat hubungan diplomasi diantara Negara Negara anggota, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mempromosikan budaya dan wisata Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa perjalanan CSIM sejak tahun 1948 melalui program –program olahraganya telah menjadi salah satu organisasi dunia yang sangat strategis dalam membangun persahabatan dan perdamaian disetiap penjuru kawasan dunia. Panglima TNI berharap pertemuan CSIM Asia tahun ini dapat melahirkan pemikiran pemikiran cerdas dalam mengembangkan program yang dapat mengakomodir seluruh Negara di Asia dan dapat membangun komunikasi yang baik antar angkatan bersenjata guna menciptakan persahabatan dan perdamaian di kawasan Asia. Selanjutnya Panglima TNI dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa Kaitannya dalam program keolahragaan CSIM pada tahun 2018 Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah “Olympiade Taruna Dunia ke 3 yang akan dilaksanakan di Akademi Militer Magelang dan Akedemi Angkatan Udara di Jogjakarta. Kegiatan seperti ini perlu diapresiasi Karena memiliki daya jangkau pemikiran yang jauh dan penting bagi kalangan generasi muda angkatan bersenjata setiap Negara, guna membawa misi persahabatan dan perdamaian dunia dimasa yang akan dating.

CSIM (Conseil International du Sport Militaire) Asia Meeting ke 4 Tahun 2016 diikuti 51 orang dari 21 negara diantaranya: Bahrain, Indonesia, Iran, Iraq, Jordania, Kaxakhstan, Korea Utara, Korea Selatan, Kuwait, Lebanon, Myanmar, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sri Langka, Syria, Timor Leste, United Arab Emirates dan Vietnam.

Hadir dalam Pembukaan CSIM (Conseil International du Sport Militaire) Asia Meeting ke 4 Tahun 2016 yang diselenggarakan di Hotel Dicovery Kartika Plaza diantaranya Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M.Setyo Sularso, Penasehat KOMI Mayjen TNI Endang Sodik, Asops KOMI Masda TNI Barhun, Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Nyoman Suryasta, Kapusjaspermildas Brigjen TNI P. Sudarsono dan Bupati Badung Giri Prasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar