Rabu, 18 Mei 2016

Donor Darah Warnai HUT Ke 59 Kodam IX/Udayana

Pendam IX/Udayana
18 Mei 2016
Editor Kapten Inf I nyoman Budiarta

Seiring dengan semakin dekatnya hari Ulang Tahun ke- 59 Kodam IXUdayana yang tepatnya jatuh pada tangga 27 Mei 2016, kegiatan donor darah turut mewarnai  rangkaian kegiatan peringatan HUT Kodam IX/Udayana. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh wilayah Korem jajaran Kodam IX/Udayana dan Khusus untuk wilayah Korem 163/Wira Satya dilaksanakan pada Rabu (18/5) di halaman Tiara Dewata.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Panitia dengan PMI Propinsi Bali  dan  dalam pelaksanaannya berhasil  mengumpulkan 200 kantong darah  terdiri dari golongan darah” 0 “ sebanyak  101 kantong, golongan darah  “ A “   36 kantong, golongan darah “ B “  50 kantong  dan  golongan darah “ AB “ 13 kantong yang selanjutnya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI  Provinsi Bali agar dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

Pada kesempstsn tersebut Danrem 163/Wira Satya, Kolonel Infanteri I Nyoman Cantiasa mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko,M.D.A, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Prajurit Kodam IX/Udayana dalam mendukung program kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-59 Kodam IX/Udayana oleh karena itu kepada para pendonor yang telah dengan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih, mudah-mudahan ketulusan hati para pendonor  dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan.Selogan yang sering kita baca dan dengar bahwa setetes darah sangat berarti bagi nyawa seseorang,  slogan ini mengandung nilai yang sangat mulia dan mampu memberikan motivasi sebagian besar masyarakat, terutama hadirin dan seluruh prajurit yang akan mendonorkan darahnya. Darah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam menjalankan metabolismenya sehingga ketersediaan darah dalam tubuh harus benar-benar terjaga dengan baik, karena kekurangan atau kelainan darah dalam tubuh akan dapat mengakibatkan penyakit.

Disamping itu darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh karena  belum ada teknologi yang mampu memproduksi darah buatan, oleh karena itu kebutuhan darah bagi yang membutuhkan hanya dapat dipenuhi  oleh kehadiran para ”Pahlawan Kemanusiaan” yaitu para Pendonor yang dengan suka rela menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan.

Selanjutnya Pangdam  mengajak agar donor darah ini dapat dijadikan sebagai gaya hidup yang menyehatkan dan bukan merupakan suatu hal yang menakutkan, karena donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius, demikian harap Pangdam.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh anggota TNI dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana yang bermarkas di wilayah Garnizun Denpasar dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Dan Rindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO-AL, LO-AU, dan Para Kabalakdam IX/Udayana, Kertua PMI Provinsi Bali, Direktur Tiara Dewata serta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana. Demikian Pendam IX/Udayana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar